Reporter: Widiyanto Purnomo | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Pasar mobil city car turun pamor pasca kehadiran mobil murah low cost green car (LCGC). Agar bisa bersaing dengan LCGC, Agen Pemegang Merek (APM) mobil city car ini berusaha melakukan penyegaran produk.
Penyegaran mobil city car ini dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), APM city car merek Daihatsu Sirion. Pada Sabtu (13/2) lalu, Daihatsu meluncurkan New Sirion, versi terbaru dari Sirion. Untuk versi anyar ini, Daihatsu menambahkan fitur tambahan, salah satunya fitur untuk keselamatan.
Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM, bilang berdasarkan survei internal, ada dua poin yang membuat konsumen memilih city car. Pertama, ada pembaharuan pada mobilnya, kedua ada fitur keamanan lebih banyak. "Itu sebabnya kami melakukan perubahan Sirion," kata Amelia Tjandra di sela-sela peluncuran New Sirion (14/2).
Dengan adanya versi terbaru ini, Daihatsu menargetkan penjualan New Sirion bisa mencapai 500 unit per bulan dengan pangsa pasar 12%. Soal harga Daihatsu memutuskan untuk tidak menaikkan harga jualnya dalam jangka waktu tiga bulan ke depan. "Harga saat ini sama dengan versi lama," jelas Amelia.
Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun 2014 lalu, Sirion mencetak penjualan rata-rata 282 unit per bulan. "Penjualan tahun lalu tak maksimal karena banyaknya kompetitor," kata Amelia.
Sebelum Daihatsu melakukan penyegaran Sirion, Mitsubishi telah lebih dulu melakukan penyegaran city car milik mereka. Pada Januari 2015 lalu, Mitsubishi telah meluncurkan New Mirage, versi terbaru dari Mirage.
Duljatmono, Operating General Manager of Mitsubishi Motor Corporation Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, bilang penyegaran Mirage bertujuan untuk menarik konsumen city car yang pasarnya tergerus oleh mobil LCGC.
Selain melakukan penyegaran Mirage, Mitsubishi juga mengeluarkan varian terbaru dari New Mirage, yaitu New Mirage Sport. "Kami menyasar pasar anak muda, hal ini supaya pasar Mirage lebih luas,” terang Duljatmono, kepada KONTAN (15/2).
Tahun ini, Mitsubishi menargetkan penjualan New Mirage sebanyak 600 unit per bulan, atau naik dari realisasi penjualan tahun 2014 lalu sebanyak 432 unit rata-rata per bulan.
Duljatmono menyatakan, upaya melakukan penyegaran produk dilakukan untuk menghadapi serbuan mobil LCGC. “Tak hanya pasar city car yang turun. adanya mobil LCGC juga mempengaruhi penjualan mobil low multi purpose vehicle (LMPV),” terang Duljatmono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News