kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Satelit Nusantara Satu sukses diluncurkan ke orbit angkasa


Sabtu, 23 Februari 2019 / 10:17 WIB
Satelit Nusantara Satu sukses diluncurkan ke orbit angkasa

Berita Terkait

Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akses internet di Indonesia disebut-sebut bakal meluas, hal itu lantaran Satelit Nusantara Satu, satelit komunikasi broadband pertama Indonesia, sukses diluncurkan ke orbit luar angkasa, Jumat (22/2).

Roket SpaceX Falcon 9 lah yang telah meluncurkan Satelit Nusantara Satu, begitu penuturan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, dilansir TribunJabar.id dari kennedyspacecenter.com.

Meskipun peluncuran  berlangsung di SpaceX di Cape Canaveral Florida, AS, peluncuran Satelit Nusantara Satu ini juga disiarkan melalui live atau siaran langsung di akun Space & Universe.

Berdasarkan pantauan TribunJabar.id dari tayangan live itu, diketahui Satelit Nusantara Satu meninggalkan landasan bersama roket milik SpaceX, Falcon 9 tepat pukul 08.45 WIB.

Akhirnya peluncuran pun sukses, Satelit Nusantara Satu, selama di orbit luar angkasa ditempatkan pada posisi di atas equator pada 146 BT dan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi.

“Berkat kerja keras kita semua satelit nusantara I berhasil diluncurkan, sesuai dengan yang direncanakan. Sekarang sedang proses menempati slot orbitnya,” ujar Direktur Jaringan PT PSN Heru Dwikantono di Jakarta, Jumat (22/2), dikutip TribunJabar.id dari Kompas.com.

Satelit Nusantara Satu, lanjutnya, meluncur sejak pukul 08.15 WIB tadi atau pukul 20.45 waktu Florida, Amerika Serikat.

Peluncuran Satelit Nusantara Satu disaksikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), perwakilan Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, dan seluruh pemangku kepentingan PSN yang hadir di Cape Canaveral.

“Diperlukan waktu sekitar 2 minggu untuk benar-benar berada dislot orbitnya. Setelah dislot orbitnya kita lakukan serangkaian tes, setelah itu satelit akan siap dimanfaatkan penyedia internet di Indonesia,” kata Heru.

Sejumlah masyarakat ada yang menjadi saksi atau menonton secara langsung peluncuran Satelit Nusantara Satu tersebut.

Ya, menurut kennedyspacecenter.com, masyarakat umum dapat menyaksikan peluncuran Satelit Nusantara Satu terdekat di kompleks pengunjung Kennedy Space Center.

Selain itu, masyarakat bisa juga menonton peluncuran adband milik Indonesia, di LC-39 Observation Gantry sekitar 5,5 kilometer dari landasan peluncuran.

Peluncuran Satelit Nusantara Satu pun bisa ditonton di Apollo Saturn V Center yang berjarak sekitar 10 kilometer dari lokasi peluncuran.

Saat hari H peluncuran, tiket menonton langsung Satelit Nusantara Satu rupanya sudah ludes terjual.

"Datang lebih awal dan bersiap untuk peningkatan kehadiran dan lalu lintas pada hari peluncuran. Lokasi menonton dan tempat duduk yang tersedia bagi pertama datang, pertama dilayani," tulis situs tersebut.




TERBARU

Close [X]
×