kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 501 UMK Binaan Grup MIND ID Naik Kelas di 2020-2021


Kamis, 21 April 2022 / 06:11 WIB
Sebanyak 501 UMK Binaan Grup MIND ID Naik Kelas di 2020-2021
ILUSTRASI. Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan memaparkan program-program Grup MIND ID untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk mencatat sebanyak 501 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Binaan telah naik kelas pada periode 2020-2021.

Grup MIND ID melaksanakan strategi pengembangan UMK naik kelas melalui pendekatan kluster di antaranya Perdagangan, Jasa, Industri, Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan, Grup MIND ID berkomitmen untuk mengambil peran aktif dalam peningkatan ekonomi lokal, salah satunya melalui Program Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Baca Juga: Investasi Proyek Baterai Listrik IBC Rp 215 Triliun, Simak Rekomendasi Saham ANTM

Program ini dilaksanakan melalui proses seleksi, pendampingan penyusunan rencana usaha, peningkatan kapasitas UMK dan bantuan modal usaha melalui skema Program Pendanaan UMK. Targetnya agar UMK Binaan naik kelas.

“Program Pengembangan UMK merupakan bagian dari bidang prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN sebagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi,” kata Dany dalam keterangan persnya, Rabu (20/4).

Pada periode tahun 2020-2021 terdapat lebih dari 6.500 Mitra Binaan dan 501 di antaranya telah berhasil menjadi UMK naik kelas.

Jumlah UMK naik kelas terdiri dari: Kluster Perdagangan sebanyak 172 Mitra Binaan; Kluster Jasa 91 Mitra Binaan; Kluster Industri 93 Mitra Binaan; Kluster Pertanian 21 Mitra Binaan; Kluster peternakan dan perikanan 42 Mitra Binaan; dan Kluster Perkebunan 82 Mitra Binaan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 22 Mitra Binaan berasal dari Antam; 360 Mitra Binaan dari Bukit Asam; 15 Mitra Binaan dari Inalum Operating; dan 104 Mitra Binaan dari Timah.

Baca Juga: Grup MIND ID Targetkan Penurunan Emisi 1% Tahun 2022

Melalui strategi pengembangan UMK berbasis klaster, Grup MIND ID dapat memberikan dukungan kepada UMK secara spesifik dan sesuai kebutuhan baik melalui Pelatihan kewirusahaan dan teknis, Pengembangan kualitas produk, Kemasan dan sertifikasi, Bantuan pendanaan modal kerja serta Pengembangan pemasaran dan penjualan baik melalui sentra bisnis lokal dan maupun marketplace secara digital.

Strategi pengembangan UMK Grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini di antaranya adalah bidang Manajemen, Modal usaha, Strategi dan akses pemasaran, Standar dan kualitas mutu, dan Teknis produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×