kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segmen anak muda sumbang 50% penjualan Danar Hadi


Kamis, 17 Agustus 2017 / 17:23 WIB
Segmen anak muda sumbang 50% penjualan Danar Hadi


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Kendati belum lama mengenalkan brand DAYS untuk lini anak muda, rupanya PT Batik Danar Hadi Solo sudah menerima kontribusi signifikan. Saat ini, segmen anak mudah sudah menyumbang lebih dari 50% penjualan perusahaaan, dibandinkan segmen yang selama ini digarap yakni diusia 40 tahunan.

Annisa Anindya, Marketing Communications PT Batik Danar Hadi Solo mengatakan memang ada kecenderungan yang berbeda. Pasalnya, anak muda lebih senang berbelanja secara mudah, hal ini yang difasilitasi oleh perusahaan dengan meluncurkan e-commerce danarhadistore.co.id. Berbeda dengan segmen 40 tahun ke atas, yang masih mengandalkan butik.

"Dari target kami, persentase penjualannya diatas 50% dari awal kami meluncurkan terus ada peningkatan," ujarnya kepada KONTAN di Jakarta, Rabu (16/8).

Dirinya mengatakan komunikasi dengan anak-anak muda terus dijalankan melalui media sosial, media massa dan pengenalan melalui internet. Hal ini yang membuat semakin lama, banyak anak muda yang tertarik untuk mendapatkan batik. Oleh karena itu, perusahaan saat ini selain fokus di kelas ekslusif dan premium mulai merambah segmen anak muda yang middle low.

"Semakin lama DAYS Danar Hadi itu lebih banyak peminatnya, karena anak muda ingin tahu sesuatu yang baru. Apalagi batik sekarang terus meningkat pamornya," lanjutnya.

Selain menggarap e-commerce sendiri, perusahaan juga menggandeng beberapa pemain marketplace untuk menggenjot segmen anak muda. Ceruk pasar yang besar dengan semakin banyaknya orang yang melek teknologi juga bisa dirasakan perusahaan. Sayang, pihaknya tidak membuka berapa dana yang diinvestasikan untuk menggarap penjualan digital tersebut.

"Penjualan melalui e-commerce danarhadistore.com itu sudah okay, kami juga kerjasama dengan e-commerce yang sudah mapan seperti Zalora, Blibli dan rencananya juga ada perusahaan lain yang akan kami ajak kerjasama," tutupnya.

Selain menggarap penjualan online dan sosial media marketing, perusahaan juga kerap melakukan pagelaran busana di gerai-gerai butik miliknya. Hal ini juga sekaligus bentuk pengenalan produk dan promosi perusahaan, apalagi sejak berdiri tahun 1967 perushaaan dikenal sebagai perusahaan batik yang berkualitas baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×