kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45888,50   7,78   0.88%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Sejak Oktober 2020, penjualan Nissan Livina nihil


Kamis, 25 Februari 2021 / 11:07 WIB
Sejak Oktober 2020, penjualan Nissan Livina nihil
ILUSTRASI. Selama empat bulan berturut-turut, Nissan sudah absen melakukan distribusi mobil keluarga andalannya, Livina.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Oktober tahun lalu, Nissan Indonesia sudah absen melakukan distribusi mobil keluarga andalannya, Livina. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales terakhir yang dilakukan Livina terjadi pada September 2020, sebesar 1.377 unit. 

Adapun penjualan tertingginya terjadi di satu bulan sebelumnya dengan pencapaian sebanyak 6.338 unit. 

Selisih sangat jauh dari pesaing seperti Mitsubishi Xpander (1.461 unit) sampai Toyota Avanza (474 unit). 

Baca Juga: Mulai Rp 60 juta saja, harga mobil bekas Nissan Grand Livina per Februari

Dari informasi yang diperoleh redaksi, wholesales nihil yang terjadi selama 4 bulan terakhir berkaitan dengan perpindahan manajemen dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadi PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI). 

Proses perpindahan hak distribusi ini, menyangkut Grup Indomobil sebagai pemegang kendali baru Nissan di Indonesia, setelah sebelumnya dipegang langsung pihak Jepang. 

Proses ini juga termasuk PHK hampir seluruh karyawan NMI dan kemudian merekrut kembali lewat NMDI, dengan payung perusahaan berbeda. 

Baca Juga: Nissan Tera di Indonesia akhirnya tutup usia

Dikonfirmasi Kompas.com pada Selasa (23/2/2021), pihak NMDI tidak memberikan jawaban memuaskan. Tetapi, seluruh pencapaian pada tahun lalu sudah memuaskan. 

"Pasar otomotif 2020 mengalami penurunan signifikan sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Tapi bagi kami, penjualan retail sales (RS) cukup memuaskan dengan ditopang All New Livina," ujar Head of Marketing-Communication NMID, Julian Olmon. 

"Livina sejauh ini masih sesuai harapan. Namun maaf, sesuai kebijakan perusahaan kami tidak bisa share datanya," lanjut dia. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×