kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah ruas tol baru siap beroperasi saat Lebaran


Kamis, 10 Mei 2018 / 15:11 WIB
Sejumlah ruas tol baru siap beroperasi saat Lebaran
ILUSTRASI. Jalan tol Trans Jawa Pejagan-Pemalang


Reporter: Abdul Basith | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ruas tol baru akan dapat digunakan pada saat lebaran untuk membantu mengatasi kemacetan. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan pengerjaan beberapa ruas tol akan dapat selesai sebelum Lebaran. Sebagian lainnya dapat digunakan walaupun tidak penuh.

"Jalan tol bisa dimanfaatkan ada yang fungsional bila dibutuhkan dapat digunakan," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna kepada Kontan.co.id, Rabu (9/5).

Beberapa jalan tol akan siap secara fisik sehingga dapat digunakan. Salah satunya adalah jalan tol Pejagan-Pemalang yang akan masuk pengaspalan terakhir tanggal 15 Mei mendatang.

Jalan tol tersebut meski sudah rampung belum tentu akan dioperasikan tetapi dapat digunakan. Pasalnya dalam pengoperasian akan melihat jarak panjang tol. "Untuk operasional akan melihat jaraknya, kalau jaraknya pendek tidak perlu dioperasikan," terang Herry.

Selain Pejagan-Pemalang, tol Pemalang-Batang pun akan dapat digunakan. Herry bilang tol tersebut dapat digunakan dua lajur untuk satu arah. Terdapat tol lain yang akan siap secara fungsional untuk trans Jawa. Di antaranya adalah tol Semarang-Batang, Salatiga-Solo, Solo-Ngawi, dan Wilangan-Kertosono.

Ada pun beberapa ruas tol telah mulai beroperasi, antara lain ruas tol Kertosono-Surabaya dan tol Ngawi-Wilangan.

Tidak hanya Trans Jawa, jalur Sumatra pun disiapkan untuk mengurai kemacetan saat Lebaran. "Ruas tol di Sumatra dapat difungsikan sehingga spot macet bisa dihindari," jelas Herry.

Herry bilang jalur dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar dapat dimanfaatkan dengan keluar terlebih dahulu di beberapa titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×