kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Selama pandemi, Blibli justru catat pertumbuhan bisnis 50%


Kamis, 21 Mei 2020 / 19:29 WIB
Selama pandemi, Blibli justru catat pertumbuhan bisnis 50%
Blibli siap layani pelanggan saat PSBB diberlakukan.

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.. Pola konsumsi masyarakat dipastikan berubah dari yang tadinya offline ke online lantaran kebijakan physical distancing dan adanya work from home (WFH) selama masa pandemi virus korona (Covid-19).

Hal tersebut juga memberikan dampak positif bagi bisnis marketplace. Misalnya saja di Blibli yang mencatatkan kenaikan transaksi di produk UMKM yang ada di kategori Galeri Indonesia. Menurut CEO Blibli Kusumo Martanto, pertumbuhan transaksi di produk UMKM yang ada di Galeri Indonesia melonjak hingga enam kali lipat selama pandemi ini.

Misalnya di kateogri makanan dan minuman yang tumbuh tiga kali lipat. Kemudian kategori kesehatan seperti masker, vitamin, bahkan jamu mengalami pertumbuhan tiga hingga enam kali lipat. Begitu juga di kategori peralatan dapur atau memasak yang juga ikut sumbang dalam kenaikan transaksi di Blibli selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kemendag akan wajibkan pelaku usaha melalui sistem elektronik punya dua izin ini

Hasil yang positif tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat pertumbuhan bisnis Blibli sampai kuartal pertama tahun ini tumbuh hingga 50% secara tahunan atau year on year (yoy).

Baca Juga: Ernst & Young: Efek Covid-19, masa depan bisnis ritel bergantung pada e-commerce

"Kami bersyukur dengan dukungan semua pihak, UMKM, brand, patner pembayaran, logistik dan lainnya, dan bersyukur kuatal pertama tumbuh sangat bagus, luar biasa di produk UMKM di Galeri Indonesia itu tumbuh sampai 6 kali lipat, ini waktunya buat temen UMKM bersinar," jelas Kusomo saat launching KUMKM Hub bersama Kementerian Koperasi dan UKM melalui virtual pada Rabu (20/5).

Guna membantu UMKM di Indonesia untuk dapat bertahan selama pandemi Covid-19, Blibli bersama Kementerian Koperasi dan UMKM meluncurkan sebuah kanal yang dinamai KUMKM Hub.

Melalui KUMKM Hub, nantinya produk UMKM binaan Kemenkop dan UKM dan UMKM lainnya akan dibantu untuk pemasaran produk mereka melalui Blibli.

Keuntungan bagi pelaku UMKM yang bergabung dengan KUMKM Hub dijelaskan Kusumo bahwa untuk proses on boarding akan dipermudah selama pandemi namun tetap mengutamakan standar kualitas yang ditentukan.

Blibli juga akan membantu pelaku UMKM yang tergabung dalam hal pengiriman, warehouse, promo dan ada juga pelatihan. Keamanan transaksi bagi penjual dan pembeli juga diklaim Kusumo dapat terjamin aman.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×