kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Sempurna andalkan ekspor


Kamis, 28 Januari 2016 / 06:04 WIB
Selamat Sempurna andalkan ekspor


Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Sepertinya tak berlebihan jika menyebut pasar ekspor adalah Dewi Fortuna bagi PT Selamat Sampurna Tbk. Produsen aneka komponen otomotif tersebut masih mengandalkan penjualan ekspor pada tahun ini.

Selamat Sempurna ingin mempertahankan dominasi penjualan ekspor yang saat ini rata-rata sebesar 70% terhadap total penjualan. Cara mereka dengan menambah negara tujuan ekspor.

Target Selamat Sempurna tahun ini menambah satu hingga dua negara baru tujuan ekspor. "Potensinya ada di negara Asia dan Amerika Selatan," ujar Direktur PT Selamat Sempurna Tbk Ang Andri Pribadi, Rabu (27/1).

Hanya, manajemen Selamat Sempurna belum mau membeberkan nama negara yang dibidik. Yang pasti, mereka bilang pasar ekspor masih sangat luas untuk digarap.

Mengintip laporan keuangan terakhir per 30 September 2015, Asia menjadi penyumbang penjualan ekspor terbesar. Porsi penjualan dari Asia sebesar Rp 570,08 miliar, atau 40,89% terhadap total penjualan ekspor Rp 1,39 triliun.

Kemudian, menyusul penjualan dari Amerika sebesar Rp 424,43 miliar, 30,45% terhadap total penjualan ekspor. Kontribusi penjualan ekspor sisanya sebanyak 28,66% berasal dari penjualan dari Eropa, Australia dan Afrika.

Selain potensi pasar, Selamat Sempurna juga merasa lebih percaya diri menggarap pasar mancanegara. Ini seiring aksi perusahaan berkode SMSM di Bursa Efek Indonesia itu mengakuisisi 100% saham Bradke Synergies Sdn. Bhd., produsen komponen dari Malaysia pada 2015.

Bradke Synergies telah memiliki jaringan distribusi di Malaysia dan Australia. "Jadi selain kami punya produksi di Malaysia, jaringan distribusinya juga kami punya," ungkap Ang Andri Pribadi.

Selain memperlebar pasar ekspor, sasaran pasar Selamat Sempurna juga meluas tahun ini. Sebab, mereka tak cuma membikin komponen otomotif tapi juga mulai memproduksi komponen alat berat.

Utilisasi 60% Hanya, tambahan variasi produk tersebut tak lantas mengerek utilisasi pabrik. Selamat Sempurna menghitung, tingkat keterpakaian pabrik tahun ini masih sama dengan tahun lalu yakni 60%.

Perlu diketahui, Selamat Sempurna mempunyai tiga lini produksi, yaitu filter, radiator aluminium dan radiator copper brass. Kapasitas produksi filter sebesar 96 juta unit per tahun dengan tingkat utilisasi produksi 63% per 2015.

Adapun kapasitas produksi radiator aluminium sebanyak 1,5 juta unit dengan utilisasi 48% per 2015. Lantas, kapasitas produksi radiator copper brass sebesar 450.000 unit per tahun dengan tingkat utilisasi 5% per 2015.

Selama ini Selamat Sempurna biasa menjual 90% produk ke pasar after sales services alias atau produk pengganti. Barulah, 10% mereka jual ke pasar original equipment manufacturer (OEM).

Disamping dorongan strategi dan katalis positif internal tadi, Selamat Sempurna mendapatkan dukungan eksternal. Manajemen perusahaan bilang, banyak produsen komponen otomotif yang tutup. "Jadi kami bisa mengisi pasar mereka," kata Ang.

Harapan Selamat Sempurna, berbagai katalis tadi bisa mendukung target pertumbuhan pendapatan 10% pada tahun 2016. Belum ketahuan realisasi pendapatan mereka pada tahun 2015.

Selamat Sempurna membekali upaya mengejar kinerja dengan dana belanja modal alias capital expenditure (capex) US$ 100 juta. Semua dana tersebut untuk perawatan mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×