kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) yakin target kinerja tahun ini akan tercapai


Selasa, 20 April 2021 / 17:17 WIB
Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) yakin target kinerja tahun ini akan tercapai
Jumpa pers manajemen Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Selasa (20/4/2021).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) yakin target penjualannya yang dipatok sekitar Rp 1,2 triliun serta laba bersih sekitar Rp 50 miliar di tahun 2021 dapat tercapai. Hal ini seiring upaya SCNP memperkuat penetrasi ke pasar ekspor sembari tetap memaksimalkan potensi di pasar lokal.

Direktur Keuangan SCNP Donny Trinanta Herwindo mengaku, saat pandemi Covid-19 baru merebak di tahun 2020, penjualan SCNP diperkirakan turun sampai 30%. Namun, ia yakin pemulihan kinerja SCNP dapat terwujud sesuai rencana bisnis perusahaan di tahun ini.

Meski bukan nilai resmi, Donny menggambarkan bahwa di kuartal I-2021 lalu penjualan SCNP berada di kisaran Rp 400-Rp 500 miliar dengan laba bersih sekitar Rp 10 miliar. Mayoritas penjualan SCNP di kuartal pertama lalu masih didominasi oleh penjualan di pasar lokal.

Dalam catatan Kontan, sebenarnya SCNP telah melakukan ekspor perdana produk vacuum cleaner dengan merek Bissel ke Amerika Serikat (AS) pada Februari lalu. Kapal yang mengangkut produk tersebut baru tiba di AS pada bulan Maret lalu, sehingga efeknya bagi kinerja SCNP di kuartal pertama belum terlalu terasa.

“Kuartal kedua nanti kami yakin penjualan akan semakin meningkat dan akan lebih didominasi oleh penjualan ekspor,” ungkap dia saat jumpa pers, Selasa (20/4).

Sekadar informasi, SCNP mengekspor vacuum cleaner melalui anak usahanya yang baru dibentuk di tahun 2019 lalu, yaitu PT Selarasa Donlim Indonesia (SDI). Perusahaan ini merupakan joint venture antara SCNP dengan perusahaan elektronik asal China, Guandong Xinbao (Donlim).

Baca Juga: Tak cuma rambah pasar ekspor, ini strategi bisnis Selaras Citra (SCNP) di 2021

Manajemen SCNP masih akan berupaya meningkatkan penetrasi produknya di pasar AS. Berhubung produk vacuum cleaner perusahaan mampu menjangkau beberapa negara bagian AS, seperti California, Texas, Virginia, Georgia, dan Pennsylvania.

Di saat yang sama, Direktur Operasional SCNP Shirly Effendy menambahkan, SCNP juga tetap mengoptimalkan penjualan produk peralatan rumah tangga di pasar domestik. Apalagi, perusahaan ini mengusung merek Turbo sebagai produk peralatan rumah tangga buatan asli Indonesia.

SCNP sendiri telah memiliki jaringan distribusi produk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pihak SCNP tinggal meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki perusahaan.

Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) Yakin Target Kinerja Tahun Ini Mampu Tercapai. “Kami terus meningkatkan penjualan baik secara offline maupun online, termasuk meningkatkan promosi melalui media sosial,” terangnya.

Tak hanya itu, SCNP juga tengah menjajaki peluang pengembangan produk baru di bidang kesehatan berupa alat screening untuk jantung. Diharapkan produk tersebut bisa mendeteksi kemungkinan serangan jantung pada seseorang sedini mungkin.

Untuk mengembangkan produk tersebut, SCNP bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Rencananya, jika tidak ada aral melintang, SCNP akan memulai produksi massal produk tersebut pada kuartal IV-2021 untuk pasar lokal. “Kalau ternyata ada permintaan ekspor, kami juga bisa ke sana,” tandas Shirly.

Selanjutnya: SCNP Ingin Mengekspor Penyedot Debu ke AS Hingga Senilai Rp 800 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×