kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selesai tepat waktu, PTPP Telah rampungkan proyek Pembangunan Bendungan Way Sekampung


Jumat, 03 September 2021 / 17:09 WIB
Selesai tepat waktu, PTPP Telah rampungkan proyek Pembangunan Bendungan Way Sekampung
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung di Pringsewu, Lampung (2/9/2021).


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) telah menuntaskan pembangunan konstruksi Bendungan Way Sekampung yang berlokasi di Provinsi Lampung. Proyek pembangunan bendungan tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang ditandai secara simbolis dengan prosesi pemutaran tuas dan penandatanganan prasasti. 

Bendungan Way Sekampung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama lima tahun secara multiyears yang dimulai sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2021. Adapun Bendungan yang berlokasi di Kabupaten Pringsewu ini memiliki kapasitas air sebesar 68,06 juta meter kubik dan luas genangan hingga 800 hektare.

Novel Arsyad selaku Direktur Utama Perseroan menjelaskan Kehadiran Bendungan Way Sekampung di Provinsi Lampung di nilai akan berdampak positif bagi pengembangan Kota Lampung terutama di bagian selatan kota. 

“Dengan dibangunnya bendungan tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, antara lain penyediaan air irigasi untuk luas lahan 55 ribu hektar, penyediaan air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, dan Kota Metro,” kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (3/9). 

Baca Juga: Resmikan bendungan Way Sekampung, Jokowi harap tingkatkan kesejahteraan warga Lampung

Novel menambahkan, proyek Bendungan ini terintegrasi dari Bendungan Batutegi lalu mengalir ke Bendungan Agroguruh hingga ke Bendungan Margatiga yang juga terkoneksi dengan beberapa sungai seperti Way Merabung, Way Bulak yang tujuan utamanya untuk membantu pemenuhan kebutuhan air dan mendukung infrastruktur sumber daya air. 

Selain itu, Bendungan Way Sekampung juga dapat berfungsi sebagai Pembangkit Tenaga Mikrohoda (PLTM) dengan daya 5,4 MW, pengendali banjir, dan sebagai lahan konservasi serta pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Untuk itu Pekerjaan pembangunan bendungan ini tidak dihentikan selama masa pandemic Covid-19 dimana hal tersebut dilakukan untuk menjaga target penyelesaian proyek PSN serta menjaga kesinambungan roda perekonomian Indonesia. PTPP sangat bangga sekali telah diberi kepercayaan oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk membangun Bendungan Way Sekampung dan menyelesaikan pembangunan tersebut tepat waktu,” tutupnya. 

Selanjutnya: MA kuatkan putusan KPPU, PTPP tetap divonis bayar Rp 1 miliar ke kas negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×