kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,32   -12,18   -1.32%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Baturaja (SMBR) bidik pasar Riau dan Penajam Paser


Rabu, 24 Juni 2020 / 20:47 WIB
Semen Baturaja (SMBR) bidik pasar Riau dan Penajam Paser
ILUSTRASI. Pada 10 Juni 2020 lalu, Semen Baturaja (SMBR) telah melakukan pengiriman perdana atas sebanyak 750 ton produk semen ke Pontianak. Pengiriman dilakukan dari Pelabuhan Boom Baru, Palembang dengan bekerja sama dengan PT Pelabuhan Tanjung Priok selaku perusah


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Semen Baturaja (Persero) Tbk terus mengawal agenda ekspansi pasarnya ke luar wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Hingga tutup tahun nanti, emiten berkode saham “SMBR” tersebut membidik pasar Riau dan Kepulauan Riau serta Penajam Paser Kalimantan Timur untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Direktur Pemasaran SMBR Dede Parasade mengatakan, pemilihan  Riau dan Kepulauan Riau serta Penajam Paser sebagai target pasar baru didasarkan pada ukuran pasar alias size market, prospek pertumbuhan pasar, serta kedekatan jarak antara ketiga wilayah dengan pelabuhan di Palembang, Sumbagsel.

“Khusus Penajam Panser, pertumbuhan infrastruktur untuk Ibu kota menjadi pilihan,” kata Dede saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (24/6).

Baca Juga: Semen Baturaja (SMBR) Menjajal Ekspansi di Luar Sumatra Bagian Selatan

Rencananya, agenda ekspansi pasar ke kedua wilayah ini akan menyasar segmen pasar yang berbeda. Untuk pasar Penajam Paser, ekspansi pasar rencananya dikhususkan untuk segmen pasar proyek dengan mengandalkan produk semen infrastruktur perusahaan.

Sementara untuk pasar Riau dan Kepulauan Riau, ekspansi pasar rencananya bakal menyasar segmen proyek maupun ritel dengan mengandalkan produk semen zak perusahaan.

Saat ini, SMBR tengah melakukan negosiasi dengan calon distributor untuk pasar Penajam Paser Kalimantan serta tahap perhitungan akhir detail-detail kontrak dagang atawa sales contract dengan distributor untuk pasar Riau dan Kepulauan Riau. Kalau tidak ada aral melintang, penjualan produk ke pasar Riau dan Kepulauan Riau diharapkan sudah bisa terealisasi di kuartal IV tahun ini.

Dede bilang, SMBR tidak gentar untuk bersaing dengan kompetitor di wilayah pasar baru, sebab SMBR sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk ‘menantang’ pemain lama yang sudah lebih dahulu mendominasi pasar..




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×