Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jababeka Tbk (KIJA) melalui Jababeka Residence akan meluncurkan dua proyek baru pada semester II-2018. Peluncuran proyek tersebut dilakukan untuk mencapai target marketing sales atau penjualan pemasaran tahun ini yang dipatok Rp 1 triliun.
Proyek pertama, Jababeka Residence akan mengembangkan proyek business loft bertajuk Ginza di lahan seluas 3 hektare (ha). Ini merupakan kawasan properti seperti ruko dengan ketinggian tiga hingga enam lantai yang akan menjadi kawasan bisnis pendukung industrial.
Handoyo Lim, General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence mengatakan, proyek business loft tersebut akan dirilis sebanyak 36 unit. Namun, tahap pertama mereka akan memasarkan 10 unit dulu yang dijual dengan harga mulai Rp 4,9 miliar-Rp 10 miliar. Satu unit paling kecil akan dibangun dengan lahan 100 meter persegi (m²).
"Ini adalah produk baru yang belum pernah ada di Kawasan Timur Jakarta. Kami akan merilis proyek ini karena Jababeka sebagai kawasan industri terbesar di Indonesia belum memiliki supporting industrinya. Jadi business loft ini nantinya akan jadi kantor perbankan dan kantor lain-lain," jelas Handoyo pada Kontan.co.id, belum lama ini.
Secara umum, Jababeka Residence melihat prospek pasar properti di wilayah Timur Jakarta sampai akahir tahun akan cerah sejalan dengan perkembangan kawasan industri dan pengembangan infrastruktur di wilayah tersebut.
Selain itu, kebijakan Bank Indonesia (BI) melonggarkan aturan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang akan semakin mendorong pertumbuhan pasar properti.
"Pelonggaran LTV akan mendorong pertumbuhan properti di wilayah Cikarang karena populasinya besar dan daya beli masyarakatnya juga tinggi karena UMR mereka paling tinggi," kata Handoyo.
Proyek Kedua, Jababeka Residence akan meluncurkan proyek hunian yang akan merupakan tahap kedua dari pengembangan Kawana Golf Residence. Namun, Handoyo belum bisa menjelaskan konsep pengembangan produk tersebut.
Hanya yang jelas, perusahaan melihat prospek hunian semacam Kawana Golf akan semakin cerah disana sejalan dengan adanya pembangunan sekolah Jepang baru di kawasan Cikarang dan adanya pengembangan tiga mall di Jababeka.
Menurut Handoyo, semakin lengkapnya fasilitas di kawasan Cikarang baik berupa mall dan fasilitas pendidikan akan membuat keluarga-keluarga ekspatriat terutama dari Jepang yang selama ini bermukim di Jakarta akan pindah ke wilayah Cikarang.
Sementara sepanjang semester I, Jababeka Residence telah berhasil mencatatkan marketing sales atau penjualan pemasaran dari sektor perumahan sekitar Rp 270 miliar sepanjang semester I 2018. Pencapaian tersebut sekitar 45% dari target perusahaan tahun ini yakni 600 miliar.
Tahun ini, perusahaan menargetkan marketing sales Rp 1 triliun dimana dari sektor residensial ditargetkan Rp 600 miliar dan dari komersial Rp 400 miliar.
Sektor komersial ini maksudnya adalah penjualan lahan kavling yang nantinya akan dibangun menjadi kawasan komersial misalnya seperti hotel dan fasilitas-fasilitas lain," kata Handoyo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News