kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45962,30   12,15   1.28%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Serapan crude Pertamina hanya naik tipis di Agustus 2019


Minggu, 01 September 2019 / 15:32 WIB
Serapan crude Pertamina hanya naik tipis di Agustus 2019
ILUSTRASI. Fajriyah Usman VP Corcomm Pertamina


Reporter: Filemon Agung | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Langkah PT Pertamina (Persero) menyerap minyak mentah (crude) dan kondensat dalam negeri dari sejumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) masih terus berlangsung hingga bulan Agustus 2019.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman yang dihubungi Kontan.co.id mengungkapkan hingga Agustus 2019 jalinan kerjasama Pertamina telah menjangkau 41 KKKS.

Baca Juga: Pertamina yakin killing well YYA-1 pada September 2019

"Kesepakatan untuk penyerapan sebesar 123,8 ribu barel per hari (MBCD)," terang Fajriyah, Jumat (30/8). Meski jumlah KKKS bertambah, angka serapan crude justru hanya naik tipis dari serapan bulan Juli lalu.

Kontan.co.id mencatat, pada Juli 2019 Pertamina menyerap 123,6 MBCD dari total 39 KKKS. Pertamina berniat terus memperluas kerja sama berdasarkan kesepakatan dengan masing-masing KKKS. Banyaknya serapan minyak mentah dan kondensat dalam negeri disebut berdampak pada pengurangan impor minyak mentah.

Saat ini Pertamina sudah tidak lagi mengimpor minyak mentah jenis heavy dan super heavy dan hanya mengimpor jenis light and medium crude.

Baca Juga: Ambil alih bisnis LNG dari Pertamina, PGN: Masih dalam tahap transisi

Langkah Pertamina dalam menyerap minyak mentah dari dalam negeri sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri, Pertamina dan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi wajib mengutamakan pasokan minyak bumi yang berasal dari dalam negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×