kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Serena William dan rapper Jay Z kini menjadi salah satu pemilik Kopi Kenangan


Senin, 23 Desember 2019 / 15:21 WIB
Serena William dan rapper Jay Z kini menjadi salah satu pemilik Kopi Kenangan
ILUSTRASI. Kopi Kenangan

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aroma kopi lokal kini sudah mendunia. Hal ini tercermin dari sepak terjang Kopi Kenangan. Jaringan kedai kopi kekinian tersebut kembali mendapat tambahan modal seri A yang sudah didapat pada Juni lalu yang sebesar US$ 20 juta atau setara Rp 280 miliar.

Tambahan injeksi modal tersebut berasal dari beberapa modal ventura. Yakni ada Arrive yang berada di bawah Roc Nation milik rapper Jay-Z, ada lagi Serena Ventures kepunyaan atlet tenis ternama Serena Williams, pebasket Caris LeVert dan pendiri sekaligus CEO Sweetgreen, Jonathan Nerman.

Baca Juga: Ratusan miliar dana investor mengalir deras ke startup kopi

Sayang, pihak Kopi Kenangan tidak merinci jumlah tambahan modal tersebut. Yang jelas,  Sequoia India sebagai pemimpin pendanaan pada Juni lalu juga turut serta dalam penggalangan dana kali ini. “Kami terinspirasi dengan keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis tersebut,” kata salah satu pendiri dan Presiden Arrive,  Neil Sirni dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

Baca Juga: Kisah Edward Tirtanata mengembangkan bisnis Kopi Kenangan (bagian 1)

Dalam tempo dua tahun, gerai Kopi Kenangan sudah tersebar di 18 kota dan saat ini sudah mengoperasikan 200 gerai dengan jumlah pegawai mencapai 1.800  pekerja. “Kami senang bermitra dengan Kopi Kenangan sebagai upaya memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia," tambahnya.

Baca Juga: Tren bisnis kedai kopi masih harum (bagian 1)

Dalam cacatan KONTAN peritel kopi ‘grab n go’ ini telah menerima pendanaan seri pertamanya dari Alpha JWC Ventures yang berbasis di Indonesia senilai US$ 8 juta pada Oktober 2018 lalu.

Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana mempercepat pertumbuhan dengan membuka 150 gerai baru sebelum akhir tahun dan menargetkan 1.000 gerai di seluruh Indonesia pada tahun 2021.

Perusahaan yang sudah meraih keuntungan ini juga berencana untuk melebarkan sayap usahanya ke Asia Tenggara.

“Indonesia adalah pengekspor kopi terbesar keempat di dunia. Namun, konsumsi kopi per kapita di sini masih rendah karena tidak ada rantai usaha kopi yang besar dan terjangkau dengan cita rasa lokal,” kata Edward Tirtanata, Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan pada Kontan.co.id pertengahan tahun ini (27/6).

Edward menjelaskan,misi Kopi Kenangan adalah membawa kopi berkualitas yang dibuat dengan bahan-bahan paling segar dan tersedia secara lokal, kemudian bisa dinikmati oleh konsumen di seluruh Indonesia dan juga seluruh Asia Tenggara.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×