kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siagakan 3.201 Personel, PLN Nusantara Power Amankan Pasokan Listrik Jelang Lebaran


Kamis, 06 April 2023 / 20:06 WIB
Siagakan 3.201 Personel, PLN Nusantara Power Amankan Pasokan Listrik Jelang Lebaran
ILUSTRASI. PLN Nusantara Power akan menjaga keandalan pasokan listrik saat Ramadan serta menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023. ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PLN Nusantara Power (PLN NP) melaksanakan Apel Siaga Kelistrikan di seluruh unit pembangkit yang dikelolanya untuk menjaga  keandalan pasokan listrik saat Ramadan serta menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023. Menurut rencana, kegiatan ini digelar sejak tanggal 15 hingga 30 April 2023. 

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah mengatakan,  PLN NP akan terus meningkatkan patrol check, preventif, prediktif dan keamanannya di 50 unit pembangkit dalam apel siaga dan checkpoint ini.

“Hal ini akan dibantu oleh teknologi digitalisasi unit pembangkit yang bernama iCORE untuk memastikan seluruh unit andal dalam memasok di sistem ketenagalistrikan”, terang Ruly dalam keterangan tertulis Kamis (6/4).

Baca Juga: Beban Puncak Listrik Diprediksi Turun Jadi 29 GW Selama Lebaran 2023

Selain kesiapan personil dan peralatan, PLN NP juga melakukan pemantauan keandalan pembangkit secara terpusat melalui iCORE (Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty & Efficiency). Teknologi ini merupakan produk inovasi dalam pengelolaan pembangkit berbasis digital 4.0.

Lewat iCORE, proses pemantauan operasional, analisis, dan diagnosis kondisi pembangkit dapat dilakukan secara digital dan real time melalui pengoptimalan sensor yang ada di mesin pembangkit-pembangkit di unit. Hasilnya, iCORE dapat menghasilkan rekomendasi pemeliharaan atau perbaikan yang diperlukan, maupun untuk menggerakan peralatan secara otomatis sehingga tercapai keandalan dan efisiensi yang optimal.

Ruly memastikan, amannya pasokan listrik di seluruh pembangkit yang tidak saja di Pulau Jawa, namun juga yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.  

Mulai dari PLTMG Arun yang terletak Lhokseumawe, Aceh, PLTU Teluk Balikpapan dan PLTU Pulang Pisau yang berada di Kalimantan, seluruh PLTU dan PLTA di Pulau Jawa, hingga ke PLTU Ropa di Ende, Nusa Tenggara Timur. 

Tidak terkecuali PLTU Tidore yang berperan penting dalam melistriki Indonesia bagian timur.

Baca Juga: Kementerian ESDM: Tarif Listrik Non Subsidi Kuartal II 2023 Tetap

“Sebesar 15.901 MW telah siap dan akan kami pasok tanpa henti menjelang Idul Fitri kali ini, kami berkomitmen untuk mempersiapkan Unit Pembangkit agar selalu ready dan tidak mengalami gangguan, sehingga umat muslim dapat dengan nyaman merayakan hari kemenangan bersama dengan keluarga dan seluruh masyarakat penjuru nusantara dapat merayakan Idul Fitri dengan gembira,” tambah Ruly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×