kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,26   18,11   1.91%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Siapkan Capex Rp 250 Miliar, Ini Rencana Ekspansi Jasa Armada (IPCM) di 2022


Minggu, 30 Januari 2022 / 06:46 WIB
Siapkan Capex Rp 250 Miliar, Ini Rencana Ekspansi Jasa Armada (IPCM) di 2022
ILUSTRASI. Direksi PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) memperkuat kesiapan armada demi menopang rencana ekspansi bisnis. IPCM pun akan merealisasikan penambahan enam armada secara bertahap.

Untuk itu, Jasa Armada Indonesia pun mengalokasikan belanja modal (capex) sekitar Rp 250 miliar. Selain untuk penambahan armada, dana capex tersebut termasuk untuk investasi pada bidang teknologi.

Managing Director of Commercial & Busimess Development IPCM Shanti Puruhita menjelaskan, sumber pendanaan capex masih berasal dari dana internal.

Lebih lanjut dia bilang, bahwa dalam kurun waktu 2021-2023, Jasa Armada akan menambah enam armada. Terdiri dari tiga kapal tunda dan tiga kapal pandu. Status saat ini, empat buah kapal sudah berkontrak. Sedangkan dua lainnya masih dalam proses lelang.

Baca Juga: Kucurkan Investasi Rp 90,53 Miliar, IPCM Bangun Satu Kapal Tunda dan Tiga Kapal Pandu

Pada akhir tahun lalu, IPCM telah menandatangani dua kontrak pembangunan kapal baru. Kontrak pertama adalah pembangunan satu kapal tunda dengan daya 2x2.200 horse power (HP) dan kontrak kedua untuk pembangunan tiga kapal pandu dengan daya 2x300 HP.

Manajemen IPCM menargetkan penambahan armada ini bisa direalisasikan bertahap pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Dilihat dari rencana perseroan, tahun 2022 IPCM akan terus melaksanakan ekspansi sehingga dibutuhkan penguatan dari sisi armada," kata Shanti saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (27/1).

 

 

Shanti menambahkan, kondisi pasar yang menunjukkan perbaikan ditambah dengan sudah terealisasikannya merger Pelabuhan Indonesia (Pelindo) diyakini bakal menjadi katalis positif bagi bisnis IPCM. Oleh sebab itu, pada tahun ini IPCM bakal fokus untuk mengoptimalkan pasar Pelindo maupun Non-Pelindo.

Fokus bisnis tersebut akan dilakukan baik melalui kerja sama maupun kolaborasi dengan beberapa potensial partner. "Selain itu tentunya perbaikan dari sisi pelayanan, armada dan IT terus kami tingkatkan sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan," sambung Shanti.

Meski belum membuka target pendapatan yang dikejar IPCM pada tahun ini, tapi Shanti menekankan bahwa pihaknya optimistis mampu menumbuhkan kinerja. "Hal ini juga tentunya didukung dengan rencana besar perseroan untuk terus melakukan ekspansi di luar wilayah Pelindo," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×