kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapkan Pekerja Terampil, Weda Bay Industrial Park Latih 17.000 Orang


Selasa, 04 Oktober 2022 / 10:59 WIB
Siapkan Pekerja Terampil, Weda Bay Industrial Park Latih 17.000 Orang
ILUSTRASI. Pratama Group -?kawasan industri Indonesia Weda Bay Industrial Park


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), kawasan industri nikel terbesar di Indonesia yang terletak di Weda, Maluku Utara , terus berkomitmen menaruh perhatian terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan berbagai keahlian dan kemampuan bagi masyarakat Maluku Utara.

Sejak 2019 hingga 2022, total peserta yang mengikuti pelatihan ini mencapai 17.358 orang, dengan berbagai jenis keterampilan alat berat meliputi pelatihan excavator, wheel loader, dump Truck, dan welder. Saat ini, peserta yang sedang menjalani pelatihan berjumlah kurang lebih 800 orang.

Humas PT IWIP Bilal Sau mengatakan, program pelatihan ini adalah upaya PT IWIP dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri. Harapannya angkatan kerja di Maluku Utara bisa terserap secara optimal sehingga angka pengangguran juga bisa diminimalisir. 

“Untuk pelatihan ini, kami memprioritaskan masyarakat Maluku Utara, namun tidak menutup kemungkinan dari luar juga bisa ikut bergabung,” kata Bilal dalam keterangannya, Selasa (4/10).

Baca Juga: Menperin: Kemampuan Manufaktur Menguat, Dibuktikan PMI Naik Sampai 53,7 September

Bilal mengungkapkan, pada awal tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran di Halmahera Tengah yang mengalami penurunan. Ia menambahkan, menurut BPS, turunnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tidak terlepas dari kehadiran PT IWIP. 

Ia menambahkan, para peserta ini akan mengikuti pelatihan dalam rentang waktu tertentu. Di akhir nanti peserta bakal mengikuti ujian, dan jika dinyatakan lulus, mereka langsung bisa di kontrak menjadi karyawan PT IWIP.

Kawasan Industri Weda Bay merupakan kawasan industri yang dikembangkan di Halmahera Tengah dengan rencana luas lahan sebesar 2.000 hektare. Kawasan industri ini bakal menjadi pusat industri berbasis nikel.

Adapun IWIP merupakan perusahaan patungan dari 3 investor yaitu Tsingshan, Huayou, dan Zhenshi. Kawasan industri ini merupakan realisasi dari perjanjian antara Eramet Group (Prancis) dan Tsingshan, bersama partner lokal, yaitu PT Aneka Tambang Tbk pada 2018, untuk mengembangkan deposit bijih nikel dan 30kt/Ni Nickel Pig Iron smelter sebagai smelter pertama di dalam KI Weda Bay.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian kawasan ini diproyeksikan dapat menyerap investasi senilai US$7,5 miliar dan tenaga kerja sebanyak 18.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×