kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.905.000   -23.000   -1,19%
  • USD/IDR 16.600   -70,00   -0,42%
  • IDX 6.833   5,05   0,07%
  • KOMPAS100 987   -1,19   -0,12%
  • LQ45 765   1,61   0,21%
  • ISSI 218   -0,33   -0,15%
  • IDX30 397   1,17   0,30%
  • IDXHIDIV20 467   0,48   0,10%
  • IDX80 112   0,13   0,12%
  • IDXV30 114   0,08   0,07%
  • IDXQ30 129   0,38   0,29%

Sido Muncul (SIDO) Optimis Target Pertumbuhan 10% pada 2025 Bakal Tercapai


Senin, 12 Mei 2025 / 16:10 WIB
Sido Muncul (SIDO) Optimis Target Pertumbuhan 10% pada 2025 Bakal Tercapai
ILUSTRASI. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimistis prospek kinerja pada 2025 masih sejalan dengan target yang telah ditentukan.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimistis prospek kinerja pada 2025 masih sejalan dengan target yang dibidik sepanjang tahun ini. 

Sebagai gambaran, pendapatan SIDO tercatat menurun 25% menjadi sebesar Rp 789,11 miliar, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,05 triliun.

Tekanan pada pendapatan turut menyeret kinerja laba. SIDO membukukan laba bersih sebesar Rp 232,94 miliar, anjlok 40,4% dibandingkan laba bersih kuartal I 2024 yang tercatat sebesar Rp 390,49 miliar.

Direktur Utama SIDO, David Hidayat mengatakan, penurunan kinerja selama kuartal I-2025 hanya bersifat temporer. 

Hal ini disebabkan adanya pergeseran masa puasa dan perpanjangan pembatasan pengiriman barang dibandingkan situasi pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Penjualan dan Laba Itama Ranoraya (IRRA) Kompak Melesat pada Kuartal I-2025

“Terbukti dari penjualan April 2025 melonjak lebih dari dua kali lipat dibanding April 2024,” ungkap David, kepada Kontan.co.id, Sabtu (10/5) lalu. 

Manajemen SIDO pun optimistis prospek kinerja tahun ini masih sejalan dengan yang diharapkan. 

David pun menyatakan bahwa sudah mulai ada pemulihan kinerja penjualan pada bulan April atau memasuki periode kuartal kedua tahun ini. 

Adapun, SIDO menargetkan pertumbuhan penjualan dan laba sebesar 10% pada tahun 2025. 

“Diharapkan kondisi ini akan berlanjut pada kuartal berikutnya,” tuturnya. 

Sebagai strategi pertumbuhan, SIDO saat ini fokus pada perluasan pasar untuk menjangkau generasi muda.

Salah satu strategi yang dijalankan yakni menyiapkan produk atau varian baru yang sesuai dengan selera minat mereka.

Di sisi lain, SIDO juga akan memperluas pasar ekspor. Di mana, hingga saat ini porsi penjualan ekspor sudah mencapai 12% dari total penjualan. 

“Kami masih optimistis  penjualan ekspor tetap bertumbuh dengan adanya strategi pengembangan  pasar yang sudah dicanangkan, baik pertumbuhan penjualan di negara-negara fokus maupun pengembangan  pasar trading di negara-negara baru lainnya,” jelasnya. 

Pada tahun ini SIDO menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 150-Rp175 miliar. 

Realisasi capex hingga kuartal I-2025 sudah mencapai Rp13 miliar, yang digunakan untuk perawatan peralatan/fasilitas produksi. 

Baca Juga: Lautan Luas (LTLS) Tebar Dividen Rp 65,91 Miliar, Cek Jadwal Lengkapnya

Selanjutnya: Asaki Pangkas Target Utilisasi Industri Keramik Tahun 2025, Begini Penjelasannya

Menarik Dibaca: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Air Es

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×