kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rencana Bisnis Supra Boga Lestari (RANC) pada Semester Kedua 2022


Senin, 15 Agustus 2022 / 19:55 WIB
Simak Rencana Bisnis Supra Boga Lestari (RANC) pada Semester Kedua 2022
ILUSTRASI. Suasana saat pembukaan Ranch Market di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Jumat (12/11/2021).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - Depok. Pemulihan ekonomi yang mulai nampak selama tahun 2022 jadi semangat bagi emiten ritel, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) untuk mencapai pertumbuhan kinerja yang positif di tahun ini. 

Chief Marketing and Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari Tbk Maria Suwarni memproyeksikan kinerja di semester kedua ini bisa lebih baik dari semester sebelumnya. Hal ini didorong oleh mobilitas masyarakat yang sudah mulai kembali normal, sehingga dapat membawa dampak positif ke gerai-gerai milik RANC, karena konsumen mulai berbelanja secara offline ke toko. 

"Seharusnya jauh lebih baik lagi, karena masyarakat sudah mulai berinteraksi sudah banyak yang keluar, anak-anak sekolah sudah banyak offline, jadi pergerakan ekonomi sudah lebih baik lagi," ungkap Maria di Depok, Senin (15/8). 

Maria tidak menyebutkan lebih detail terkait target penjualan di tahun ini. Dia hanya mengatakan bahwa pihaknya berharap kinerja perusahaan di semester kedua akan mencatatkan pertumbuhan, baik dibandingkan dengan tahun lalu maupun semester pertama lalu. 

Baca Juga: Prima Globalindo Logistik (PPGL) Optimistis Capai Target Kinerja pada 2022

"Kami selama enam bulan kemarin juga kalau dilihat masih stabil-stabil aja, belum ada pelonjakan seperti itu. Tapi kami harapkan jauh lebih baik dari tahun lalu dan juga semester pertama ini," lanjutnya. 

RANC belum merilis secara resmi laporan keuangan semester I-2022. Namun per Maret lalu, RANC tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 738,86 miliar. Jumlah ini naik tipis 1,74% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 726,22 miliar. 

Meski ada kenaikan pendapatan, RANC terpantau menanggung kerugian hingga Rp 22,57 miliar selama kuartal pertama lalu. Kondisi ini berbanding terbalik dengan realisasi pada kuartal I-2021 yang masih meraup laba periode berjalan sebesar Rp 6,28 miliar. 

Sebagai salah satu rencana bisnis di tahun ini, Maria bilang RANC akan membuka empat hingga lima gerai baru. Rencana tersebut sudah mulai terealisasi secara bertahap di semester pertama lalu dengan dibukanya gerai Pasarina by Ranch Market, yang merupakan brand baru perseroan dengan konsep supermarket premium yang menjual berbagai produk lokal Indonesia. 

Nah, di semester kedua ini rencananya RANC akan membuka beberapa gerai lagi yang berlokasi di Malang (Ranch Market), Jakarta (Farmers Market), dan juga makassar (Farmers Market). Yang rencananya akan terealisasi pada akhir kuartal ketiga ini dan juga pada kuartal empat mendatang. 

Namun sayang, Maria tidak memerinci lebih lanjut terkait nilai investasi yang dikeluarkan untuk ekspansi gerai tersebut.

Baca Juga: Menyimak Rencana Penggunaan Dana Rights Issue Armada Berjaya Trans (JAYA)

Sebagaimana diketahui, RANC memiliki lima merek supermarket yang memiliki keunggulan dan segmennya masing-masing. Mulai dari Ranch Market, Farmers Market, Gourmet by Ranch Market, Day2Day by Farmers Market, dan Pasarina by Ranch Market. 

Selain ekspansi gerai, Supra Boga Lestari juga menyiapkan beberapa program untuk menutup tahun 2022 ini. Salah satunya adalah gelaran Indonesia Marketpelago: dari Indonesia untuk Indonesia, dalam rangka memperingati dan merayakan HUT RI ke-77. 

Maria memaparkan, Indonesia Marketpelago merupakan awal dari serangkaian acara yang akan dijalankan RANC menuju hari jadi perusahaan pada September mendatang. Nah, bertepatan dengan ulang tahun perseroan tentu akan disuguhkan berbagai program menarik, mulai dari promosi hingga event-event bekerjasama dengan para pengelola mall. 

"Kemudian sama biasanya akhir tahun, natal tahun baru itu biasanya event cukup besar di company kami. Pasti promosi ada, activation ada kami mengadakan lokal bazaar, karena lokasi kami juga kan banyak di mall ya jadi kami banyak cooperate dengan para pemilik mall," pungkas Maria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×