kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas: Lifting migas di wilayah kerja Sumbagut capai 211.900 bph


Senin, 25 Februari 2019 / 13:01 WIB
SKK Migas: Lifting migas di wilayah kerja Sumbagut capai 211.900 bph


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat lifting minyak bumi dan kondensat di wilayah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) melampaui target yang ditetapkan pemerintah melalui APBN pada awal tahun 2019.

Berdasarkan data operasional dokumen lifting bulan Januari 2019, lifting minyak mentah dan kondensat mencapai sekitar 222,3 ribu barel perhari. Adapun target APBN Tahun 2019 untuk 9 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) produksi yang berkontribusi di wilayah operasi Sumbagut sekitar 211.900 barel per hari atau 4,9% lebih tinggi dari target APBN.

Sementara jika dibandingkan dengan penetapan target lifting work program and budget (WP&B) 202.220 barel per hari, maka angka kenaikannya mencapai 10%. Jumlah tersebut belum termasuk produksi minyak di laut Anambas dan Natuna Provinsi Kepulauan Riau, yang diawasi oleh Pengawas SKK Migas di Jakarta.

Selain pengawasan langsung oleh SKK Migas, capaian positif ini terjadi karena realisasi produksi yang membaik serta adanya kebijakan untuk memaksimalkan lifting bulanan. Dibandingkan tahun 2018 sebesar 6.274.682 barel, lifting pada bulan Januari 2019 meningkat sekitar 11% atau mencapai 6.892.215 barel.

Hal tersebut disampaikan Pengawas Utama Lifting SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Lifting bersama Sekretaris SKK Migas Arief S. Handoko, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Avicenia Darwis, dan Kepala Divisi SDM Hudi D. Suryodipuro beserta tim perwakilan Sumbagut.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris SKK Migas Arief Handoko menyampaikan apresiasi kepada manajemen Perwakilan Sumbagut dan kepada seluruh Tim Pengawas Lapangan telah berhasil mengawal peningkatan capaian lifting bulan Januari.

Arief juga menyampaikan arahan Menteri ESDM bahwa lifting tahun 2019 diharapkan mendekati bahkan sama dengan produksi, sehingga kontribusi migas sebagai penerimaan negara terbesar dari sektor PNBP (penerimaan negara bukan pajak) dapat terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Divisi SDM SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengatakan saat ini, SKK Migas telah memiliki 160 pengawas lifting profesional tersertifikasi, di wilayah Sumbagut sendiri telah ditempatkan 17 pengawas lifting yang langsung ditempatkan di terminal titik serah minyak di KKKS.

Avicenia juga menyampaikan apresiasi sikap profesional pengawas lifting di lapangan ditengah situasi kendala kebakaran hutan dan asap di daerah operasi Blok Rokan di Dumai, Riau. “Pengawas lifting dan tim supporting bekerja profesional mengawal pergerakan lifting dan kita patut berikan apresiasi,”ujar Avicenia Darwis dalam siaran pers pada Senin (25/2).

Saat ini secara nasional kontribusi lifting minyak dan kondensat minyak wilayah operasi Sumbagut sekitar 30% dari target APBN yang mencapai 775.000 barel perhari. 

Di wilayah Sumbagut sumber produksi utama berasal dari Blok Rokan - PT Chevron Pacific Indonesia. Selain Chevron, terdapat KKKS Produksi minyak lainnya yaitu Pertamina EP, BOB BSP-PH, EMP Malacca Straits, EMP Tonga, PHE Siak, PHE Kampar dan PHE NSO-NSB, dan SPR Langgak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×