kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas setujui pengembangan Lapangan Paus Biru oleh Medco Energy Sampang


Selasa, 25 Agustus 2020 / 11:56 WIB
SKK Migas setujui pengembangan Lapangan Paus Biru oleh Medco Energy Sampang
ILUSTRASI. Induk usaha Mecdo Energy Sampang, Medco Energi


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyetujui rencana pengembangan lapangan atau Plan of Development (POD) Paus Biru di Wilayah Kerja (WK) Sampang, Jawa Timur.

Berdasarkan POD tersebut, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) WK Sampang, yaitu Medco Energy Sampang Pty Ltd., akan melakukan investasi sebesar US$ 80 juta.

Investasi akan digunakan untuk melakukan kegiatan pemboran satu sumur pengembangan, pembangunan wellhead platform (WHP), pembangunan subsea pipeline, serta modifikasi fasilitas eksisting WHP Oyong dan offshore production facilities (OPF) Grati.

Lebih lanjut, Fluida dari sumur akan dialirkan dari WHP di Lapangan Paus Biru ke eksisting WHP di Lapangan Oyong melalui pipa bawah laut. Selanjutnya, fluida dialirkan melalui pipa bawah laut eksisting menuju ke OPF Grati eksisting untuk dipisahkan fasa cair dan gas.

Baca Juga: Rights issue 7,5 miliar saham, ini rekomendasi untuk Medco Energi (MEDC)

“Air yang ikut terproduksi akan diolah sesuai baku mutu sebelum dialirkan ke laut, sedangkan gas yang telah sesuai spesifikasi akan dijual ke para pembeli,” tulis informasi yang tertera di situs SKK Migas seperti dikutip Kontan.co.id, Selasa (25/8).

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan Lapangan Paus Biru dapat memulai kegiatan produksi pada 2022 dengan volume gas sekitar 31 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

Berdasarkan analisis keteknikan, produksi tersebut dapat dipertahankan hingga batas akhir kontrak kerja sama yaitu pada tahun 2027. Rencananya, gas yang diproduksi akan digunakan untuk sumber energi pembangkit Grati.

Sebagai informasi, Blok Sampang terletak di Selat Madura, Jawa Timur. Selama beroperasi, wilayah kerja tersebut telah beberapa kali berganti operator. Diawali dari Santos kemudian berpindah ke Ophir pada tahun 2018 dan berpindah lagi ke Medco pada tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×