kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Smartfren Mencatat Lonjakan Trafik Selama Ramadan dan Idul Fitri 1443 H


Minggu, 15 Mei 2022 / 16:06 WIB
Smartfren Mencatat Lonjakan Trafik Selama Ramadan dan Idul Fitri 1443 H
ILUSTRASI. Smartfren Telecom (FREN) mencatat lonjakan traffic internet hingga 10% pada periode Ramadan dan Lebaran.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) berhasil mengatasi lonjakan trafik yang terjadi sepanjang Ramadan, momen mudik, dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Sejak awal tahun 2022, Smartfren telah secara bertahap meningkatkan kualitas jaringan dengan cara perluasan coverage dan optimasi jaringan. 

"Sehingga ketika memasuki Ramadan, seluruh aspek network telah siap untuk mengantisipasi potensi lonjakan traffic yang terjadi," ungkap, VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat, dalam siaran pers, Sabtu (14/5). 

Adapun, sepanjang Ramadan, momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H terjadi lonjakan trafik internet hingga 10%. Layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8%, demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25% dibanding lebaran tahun sebelumnya.

Baca Juga: Antisipasi Lebaran 2022, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan dan Coverage

Lonjakan trafik internet tersebut dipicu oleh meningkatkan kebutuhan internet untuk mengakses streaming video maupun musik, hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10%.

Dia melanjutkan, terjadi kenaikan traffic yang signifikan untuk aplikasi Tiktok sebesar 18% dan WhatApps sebesar 13%, kedua aplikasi tersebut banyak digunakan pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idul Fitri.

"Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren," sambungnya. 

Baca Juga: Saham Operator Telekomunikasi Kompak Naik, Simak Rekomendasi Sahamnya

Agus bilang, mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10%)  dan Jawa Tengah (18%) dan Jawa Timur (6%). Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai di atas 60%. Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik.

Di sisi lain, Agus menyebut, jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

Berkat rangkaian antisipasi tersebut, lanjut dia, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60% selama periode lebaran, dan kondisi network juga tidak ada incident critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×