kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Soal pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, ini tanggapan Toyota


Rabu, 28 Agustus 2019 / 11:58 WIB

Soal pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, ini tanggapan Toyota
ILUSTRASI. Logo Toyota


KONTAN.CO.ID -  Keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur mendapat sambutan positif dari sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM).

Toyota menilai, langkah besar ini akan membuat pemerataan pembangunan dan perekonomian nasional, khususnya di pasar otomotif. Saat ini, kontribusi sementara Kalimantan Timur pada penjualan mobil secara nasional adalah sekitar 2%. Sementara wilayah Kalimantan, hanya menyumbang sekitar 5,4% terhadap total penjualan nasional Toyota. Kontributor terbesar berasal dari Pulau Jawa.

"Melihat alasan pemerintah, demi mengurangi beban pulau Jawa yang saat ini menjadi pusat segala kegiatan, baik dari sisi bisnis maupun pemerintahan, maka kami melihat upaya pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur ini sebagai salah satu rencana yang positif. Toyota siap mendukungnya," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, Selasa (27/8).

Pemindahan ibu kota tentu akan berdampak pada pertumbuhan industri otomotif, yang dapat dilihat dari peningkatan penjualannya. Namun Soerjo masih enggan untuk memperkirakan potensi peningkatannya.

"Berpindahnya ibu kota tentu ada aktifitas mobilitas yang juga turut berpindah, dan bisa berdampak pada peningkatan penjualan di Kalimantan. Tapi proporsi meningkatnya sebesar apa, itu yang perlu di studi," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Soerjo juga menyatakan bahwa pihaknya berkemungkinan besar untuk mendirikan beberapa diler resmi di calon ibu kota baru tersebut. Hingga saat ini, Toyota masih mengandalkan 7 outlet di Kalimantan Timur.

"Pada dasarnya, Toyota akan berusaha untuk memenuhi permintaan masyarakat. Jika permintaan dari pasar baik dari sisi pembelian ataupun perawatan mobil mencukupi, tentu hal tersebut akan masuk ke dalam studi kami untuk menambah jaringan," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanggapan Toyota Terkait Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur"

 


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×