kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sogo bersiap-siap melebarkan bisnis


Sabtu, 04 November 2017 / 19:30 WIB
Sogo bersiap-siap melebarkan bisnis


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) memperkuat bisnis lewat Sogo Department Store segera terealisasi. Berbagai rencana bisnis sudah mulai disiapkan, salah satunya dengan ekspansi usaha di Luar Jawa.

"Yang pasti banyak daerah yang saya lihat sangat positif, tetapi kami memang belum tetapkan (ekspansi) karena kami masih lihat perkembangan. Saya pikir Makassar, Manado dan Palembang itu saya rasa masih sangat bagus sekali," ujar Handaka Santosa, Chief Executive Officer (CEO) Sogo Department Store kepada KONTAN, Rabu (1/11).

Sekadar catatan, saat ini Sogo telah memiliki 17 gerai eksisting yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Balikpapan, Samarinda, dan Bali. Di sisa tahun ini, Sogo akan menambah satu gerai di Supermall Karawaci seluas 10.000 meter persegi (m) dengan investasi mencapai Rp 40 miliar.

Dengan menyasar segmen kelas menengah atas, bisnis Sogo Department Store diprediksi masih terus bertumbuh. Menurut Handaka, segmen pasar ini dinilai tidak akan terlalu banyak terpengaruh oleh pelemahan daya beli masyarakat.

Guna mendukung penjualan fisik dan semakin memudahkan masyarakat berbelanja, saat ini perusahaan ini tengah memaksimalkan sistem penjualan online melalui platform MAP EMALL. Meski tidak merinci, Handaka bilang pertumbuhan penjualan lewat model ini diklaim cukup baik.

Selain itu, guna semakin mendongkrak penjualan, Sogo rajin memberikan gimmick promosi kepada para konsumen, salah satunya adalah memberikan Sogo Premier Card.

Cara-cara kreatif yang dilakukan tersebut diyakini akan membuat kinerja Sogo terkerek di level 10% pada tahun ini. "Kami lakukan baik itu gimmick promosi atau program-program yang kreatif, kalau pelanggan selalu berbelanja di Sogo nanti diberikan kartu dan dapat poin, nanti di mal-nya juga akan dapat poin juga," ujar Handaka.

Performa penjualan Sogo hingga saat ini terbilang masih baik. Sampai Oktober 2017, penjualan tercatat meningkat hampir 10% dibandingkan dengan tahun lalu. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga akhir tahun ini.

"Sampai akhir tahun saya yakin akan mencapai segitu, karena di Desember ada Hari Natal, yang saya sebut tertinggi untuk ritel itu kan lebaran, kemudian natal dan tahun baru," ujar Handaka.

Pasca menutup seluruh gerai Lotus Department Store dan gerai Debenhams, Mitra Adiperkasa akan bermain lebih masif di segmen specialty store, active, food and beverages. Di segmen department store hanya Sogo yang memungkinkan dilakukan ekspansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×