kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sokonindo ramaikan pasar otomotif Indonesia


Selasa, 28 November 2017 / 18:05 WIB
Sokonindo ramaikan pasar otomotif Indonesia


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - SERANG. Industri otomotif terus kedatangan pemain baru. Terbaru, PT Sokonindo Automobile (SOKONINDO) meresmikan pabrik di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten dengan merek Sokonindo.

Keseluruhan pabrik SOKONINDO telah selesai didirikan pada bulan Mei 2017 dengan lahan seluas 20 hektare (ha). Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile menjelaskan, sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama adalah pada produk yang dibuat.

"Ini merupakan smart factory berstandar internasional dengan tingkat presisi tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi,” ujar Alexander Barus, Selasa (28/11).

Pabrik ini, akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung. Dengan 90% karyawan Indonesia. Angka tersebut belum termasuk sekitar 4.000 – 5.000 orang tenaga kerja yang akan terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari para pemasok komponen kendaraan hingga ke jaringan dealer mobil-mobil kami.

Proses produksi kendaraan yang dilakukan di pabrik ini meliputi stamping, welding, painting, assembling, quality control yang dirancang untuk memproduksi mobil SUV. Selain itu Sokonindo juga mampu untuk memproduksi kendaraan MPV serta kendaraan niaga ringan.

Produk pertama yang secara resmi diproduksi di pasar Indonesia adalah Glory 580, sebuah SUV dengan kapasitas 7-penumpang. “Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo sehingga produk terbaru dengan teknologi terbaru di masa datang. Rencananya akan diperkenalkan di Indonesia untuk pertama kalinya,” ujar Franz Wang, Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

Produksi mobil

Proses produksi model SUV terbaru Sokonindo yaitu Glory 580 juga resmi dimulai. Model SUV yang diproduksi di Indonesia ini merupakan tipe bersetir kanan pertama yang diluncurkan. 

Sebelumnya, sejak pertengahan tahun 2017 ini, SOKONINDO juga telah memperkenalkan produk Pick-Up SuperCab di pasar kendaraan komersial yang juga diproduksi di pabrik ini.

Pabrik ini merupakan basis produksi model-mobil mobil Sokonindo lainnya yang tidak hanya untuk dipasarkan dalam negeri melainkan untuk diekspor ke kawasan Asia Tenggara dan pasar mancanegara lainnya.

Saat ini, SOKONINDO memiliki 30 diler yang melayani penjualan dan layanan purna jual di Indonesia. Rencananya dalam tiga tahun ke depan, jumlah titik layanan penjualan dan purna jual ini akan bertambah menjadi 150 diler.

Sebagai informasi, PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan di bidang manufaktur otomotif yang merupakan kerja sama (joint venture) antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong dengan PT Kaisar Motorindo Industri asal Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×