kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,39   -12,72   -1.33%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Stasiun Gambir Bakal Dialihfungsikan untuk Naik Turun KRL Commuter Line


Kamis, 26 Mei 2022 / 04:10 WIB
Stasiun Gambir Bakal Dialihfungsikan untuk Naik Turun KRL Commuter Line


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stasiun Gambir Jakarta akan dialihfungsikan khusus untuk naik-turun penumpang KRL Commuter Line. Hal ini dikarenakan akan diadakan pembangunan Stasiun Manggarai.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan hal ini sesuai dengan master plan pembangunan Stasiun Manggarai untuk program Double Double Track (DDT).

Dalam master plan tersebut, desain dan fasilitas yang sedang dibangun memang dikhususkan untuk kereta jarak jauh berhenti sampai di Stasiun Manggarai.

"Jadi nanti untuk yang Gambir akan difungsikan untuk naik-turun penumpang KRL," ujarnya saat NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Beroperasinya Stasiun Gambir untuk naik-turun KRL tentu sangat memudahkan penumpang KRL menuju pusat kota dan dapat mengurangi beban penumpang yang turun di Stasiun Sudirman.

Baca Juga: Minimal Telah Vaksinasi Kedua, Penumpang KA Jarak Jauh Tak Perlu Antigen

Namun Rode tidak menjelaskan secara rinci kapan hal ini akan mulai diberlakukan.

“Harapannya untuk beban yang selama ini ada di Sudirman dan seterusnya nanti bisa berkurang dan semuanya bisa langsung ke pusat kota di Gambir," sebut dia.

Wacana pengalihfungsian Stasiun Gambir menjadi stasiun khusus KRL ini memang sudah digaungkan sejak lama.

Pada pemberitaan sebelumnya, rencana itu akan berjalan setelah kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Gambir dipindahkan ke Stasiun Manggarai pada akhir 2021.

Baca Juga: KAI: Sepanjang Arus Balik 448.800 Pengguna Kereta Tiba di Jakarta

"Gambir berfungsi untuk pelayanan KRL juga KA khusus tapi di Stasiun Senen tetap ada pelayanan KA jarak jauh untuk yang ekonomi," kata Supandi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

Seperti diketahui, Stasiun Manggarai rencananya akan dibangun menjadi stasiun sentral. Untuk mewujudkannya, aka nada peralihan rute KRL mulai Sabtu (28/5/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stasiun Gambir akan Dialihfungsikan untuk Naik Turun Penumpang KRL"
Penulis : Masya Famely Ruhulessin
Editor : Masya Famely Ruhulessin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×