kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,02   -2,53   -0.28%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Steel Pipe Industry of Indonesia (ISSP) Bidik Penjualan Rp 7,5 Triliun pada 2023


Rabu, 05 April 2023 / 09:38 WIB
Steel Pipe Industry of Indonesia (ISSP) Bidik Penjualan Rp 7,5 Triliun pada 2023
ILUSTRASI. Produsen pipa baja PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP) atau Spindo.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten produsen pipa baja, PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP) bertekad meningkatkan kembali performa bisnisnya pada 2023. Hal ini didukung oleh tingginya permintaan pipa baja pada berbagai proyek konstruksi di Indonesia.

Seperti yang diketahui, tahun 2022 lalu emiten yang dikenal dengan nama Spindo ini meraih kenaikan penjualan dan pendapatan jasa 16,36% secara tahunan atau year on year (YoY) menjadi Rp 6,26 triliun.

Namun, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk ISSP turun 37,07% YoY menjadi Rp 305,86 miliar.

Corporate Secretary & Investor Relation Steel Pipe Industry of Indonesia, Johannes W. Edward, menjelaskan, penurunan laba bersih Spindo disebabkan efek koreksi harga baja global lebih dari 13% sepanjang 2022.

Baca Juga: Spindo (ISSP) Tawarkan Obligasi Rp 250 Miliar, Seri B dan Seri C Lumayan Atraktif

Harga baja dunia juga turun hingga 56% dari posisi tertingginya yang pernah dicapai sekitar Maret-April 2022.

Selain itu, Spindo juga sempat mengalami proses pengiriman bahan baku impor yang lama atau memakan waktu sekitar 4 bulan sampai 5 bulan.

Hal ini membuat cost of goods sold (COGS) atau harga pokok penjualan Spindo yang tercatat pada kuartal IV-2022 sebenarnya merupakan barang yang dibeli perusahaan tersebut sekitar bulan Maret-April 2022. Kondisi ini ikut mempengaruhi capaian laba bersih Spindo pada akhir tahun lalu.

Terlepas dari itu, manajemen Spindo tetap menatap optimistis prospek bisnis pada 2023. Emiten tersebut membidik penjualan sekitar Rp 7,5 triliun pada tahun ini. Pada periode yang sama, laba bersih perusahaan ini ditargetkan dapat mencapai kisaran Rp 525 miliar.

"Tahun ini kami fokus menjual produk pipa baja untuk sektor migas, sektor otomotif dengan memanfaatkan insentif EV, sekaligus ekspor produk," ungkap Johannes kepada KONTAN, Selasa (4/4).

Baca Juga: Steel Pipe Industry of Indonesia Pasok Pipa Tiang Baja untuk Proyek IKN Nusantara

Dia menambahkan, keberlangsungan proyek IKN Nusantara, Kalimantan Timur, turut menjadi stimulus terhadap pertumbuhan bisnis Spindo tahun ini. Sebab, produk-produk baja buatan Spindo banyak digunakan untuk proyek konstruksi dan infrastruktur di IKN Nusantara.

Tidak hanya itu, produk pipa baja Spindo juga banyak digunakan untuk proyek-proyek terkait hilirisasi industri di Tanah Air. 

Dengan tingginya permintaan pipa baja yang datang dari berbagai pelanggan, pihak Spindo merasa masih memiliki kapasitas produksi yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang ada. 

"Namun demikian, kami akan terus melakukan efisiensi yang pada akhirnya akan membuahkan peningkatan kapasitas secara tidak langsung," jelas Johannes.

Mengutip materi paparan publik beberapa waktu lalu, Spindo memproduksi high frequency welding (HFW) seperti pipa hitam, pipa air, pipa mekanik, pipa API, pipa furnitur, dan tiang baja.

Selain itu, Spindo memiliki produk spiral submerged arc welding (SSAW) seperti pipa spiral dan tungsten inert gas welding (TIGW) seperti pipa stainless steel industri dan ornamen. 

Baca Juga: Penjualan Steel Pipe Industry of Indonesia (ISSP) Tahun 2022 di Atas 95% dari Target

Saat ini, Spindo memiliki lebih dari 5.000 pelanggan terdaftar yang terdiri dari 2.000-3.000 pelanggan aktif yang berasal dari sektor konstruksi, furnitur, otomotif, dan migas.

Lebih lanjut, manajemen Spindo menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 200 miliar-Rp 250 miliar pada 2023 yang berasal dari kombinasi antara kas internal dan pendanaan eksternal.

Capex tersebut dipakai untuk pemeliharaan pabrik, pengembangan depo, dan pembangunan pabrik unit 7 di Gresik. 

Sebelumnya, Spindo telah memiliki pabrik unit 1, 2, 3 yang berada di Surabaya, pabrik unit 4 di Pasuruan, pabrik unit 5 di Karawang, dan pabrik unit 6 di Sidoarjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×