Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini pabrikan otomotif gencar meluncurkan model elektrifikasi, mulai dari mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) hingga Battery Electric Vehicle (BEV).
Kendati demikian, Daihatsu memakai strategi yang lebih tenang dan terarah. Pabrikan asal Jepang itu tidak hanya ingin sekadar menghadirkan produk elektrifikasi tetapi memastikan bahwa model yang dirilis sesuai dengan kebutuhan pasar, baik dari sisi harga, performa, maupun kesiapan konsumen.
Budi Mahendra, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa proses riset elektrifikasi Daihatsu sebenarnya sudah cukup panjang. Bahkan, beberapa model konsep sudah pernah muncul ke publik.
Baca Juga: Persaingan Mobil Listrik 2025 Makin Ketat, Ini Daftar Harga Terbarunya
“Kita pasti study dan kita tentunya akan melihat, kira-kira model apa, dan kapan kita mau mengeluarkannya. Kalau study pasti dilanjutkan, cuma kalau kapannya ya tunggu saja,” ujar Budi, di Malang, Jawa Timur, Minggu (8/12/2025).
Daihatsu bukan cuma mengamati model hybrid yang ada saat ini, tapi juga mengulik berbagai kemungkinan dari portofolio global.
“Salah satunya memang kita study juga gimana untuk model-model yang ada di sini, ataupun melihat-lihat model-model di global. Nanti kita juga kan tidak tahu prinsipal kebijakannya gimana, apakah mungkin ada mobil hybrid baru lagi, atau gimana,” kata Budi.
Budi menegaskan, bahwa riset elektrifikasi ini bukan sesuatu yang baru. Bahkan, beberapa konsep pernah dipamerkan Daihatsu ke publik.
“Untuk riset kita sudah lakukan dari kemarin-kemarin, tidak cuma elektrifikasi hybrid. Vizion-F waktu itu di GIIAS kita tampilkan juga. Jadi kita study elektrifikasi itu sudah berjalan, tapi satu-satu,” ujarnya.
Baca Juga: Pasar Mobil Listrik Bekas Ramai Peminat, Ini Kata Pedagang
Xenia Hybrid
Xenia hybrid menjadi salah satu model yang paling ditunggu oleh konsumen Indonesia. Terlebih setelah kembarannya Toyota Veloz yang menghadirkan varian hybrid pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.
Namun, pihak Daihatsu masih enggan berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut.
"Ditunggu saja, nanti akan diinformasikan," ucap Marketing and Corporate Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani, belum lama ini.
Saat ini Daihatsu baru memiliki satu kendaraan elektrifikasi yakni Daihatsu Rocky Hybrid yang dibanderol dengan harga Rp 299.850.000.
Selanjutnya: Penerimaan Pajak Meleset dari Target, Menkeu Purbaya Pastikan Defisit Tetap Aman
Menarik Dibaca: 6 Referensi Olahan Tempe untuk Diet Turun Berat Badan yang Sehat dan Enak
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













