kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sucofindo mengincar 100 calon pelanggan untuk jasa TIC di Tangerang


Rabu, 14 Agustus 2019 / 22:08 WIB

Sucofindo mengincar 100 calon pelanggan untuk jasa TIC di Tangerang
ILUSTRASI. Peresmian unit pelayanan Sucofindo di Tangerang

KONTAN.CO.ID -TANGERANG. PT Sucofindo (Persero) telah meresmikan Unit Pelayanan baru yang berlokasi di Kecamatan Jatiuwung, Tangerang. Pendririan unit ini bertujuan untuk memperluas penguasaan pasar layanan jasa testing, inspection, dan certification (TIC) di Kawasan Tangerang dengan membidik sekitar 100 calon pelanggan.

“Dengan adanya unit pelayanan Tangerang diharapkan pasar yang belum tersentuh akan dapat direngkuh karena kedekatan lokasi dengan pelanggan atau kawasan industri,” ucap Direktur Komersial 1 PT Sucofindo (Persero) Herliana Dewi dalam acara peresmian unit pelayanan di Tangerang (14/08).

Baca Juga: Bachder Djohan Buddin kembali ditunjuk sebagai Dirut Sucofindo

Sebelumnya, PT Sucofindo (Persero) sempat memiliki kantor cabang di Tangerang pada tahun 1986. Namun demikian, kantor cabang tersebut selanjutnya ditutup sementara dengan tujuan efisiensi.

Sementara itu, pemberian layanan TIC terhadap pelanggan eksisting yang berlokasi di wilayah Tangerang pada kurun waktu tahun 2001 hingga tahun pertengahan tahun 2019 dilakukan oleh PT Sucofindo (persero) cabang Jakarta dan Cilegon.

Adapun beberapa jasa TIC yang disediakan oleh Unit Pelayanan Tangerang saat ini meliputi jasa ecoframework dan setifikasi ISO series, jasa inspeksi, sertifikasi, dan pengujian untuk produk Agribisnis dan Fumigation and Hygiene Industry, jasa inspeksi dan sertifikasi kelistrikan, serta jasa laboratorium yang meliputi uji dan jasa analisis lingkungan, kalibrasi alat ukur dan uji, uji aneka kimia umum.

Sementara itu, untuk pelayanan jasa-jasa pengujian laboratorium yang belum tersedia prasarana laboratoriumnya di Unit Pelayanan Tangerang dapat tetap dilayani di unit pelayanan tersebut.

Dalam hal ini, Unit Pelayanan Tangerang akan tetap menerima sampel produk yang ingin diuji sementara pengujiannya akan dilakukan di Laboratorium pusat yang berada di Cibitung.

Baca Juga: Aturan wajib SNI pelumas berlaku September, begini tanggapan Pertamina Lubricants

Namun demikian, Herliana mengatakan terdapat kemungkinan bahwa Unit Pelayanan Tangerang akan menyediakan bentuk-bentuk jasa TIC lainnya. Hal ini akan ditentukan kemudian dengan mempertimbangkan perkembangan pasar yang ada.

Melalui pendirian cabang ini, PT Sucofindo (Persero) menargetkan akan meraih pendapatan bersih sekitar Rp 5 miliar. Besaran ini merepresentasikan 0,17% dari target pendapatan di sepanjang tahun 2019 sebesar Rp 2,8 triliun.

Sebelumnya, untuk kinerja konsolidasi, Pada PT Sucofindo (Persero) mencatatkan pertumbuhan pendapatan operasi sebesar 16,3% secara tahunan (Iyear-on-year/yoy) dari yang semula sebesar Rp 953,5 miliar di semester I 2018 menjadi Rp 1,10 triliun di semester I 2019.

Selanjutnya, PT Sucofindo (Persero) mencatatkan pertumbuhan sebesar 16,4% secara yoy untuk laba setelah pajak konsolidasi dari yang semula sebesar Rp 113,6 miliar pada semester I 2018 menjadi Rp 132,2 miliar di semester I 2019.

Baca Juga: Antisipasi peningkatan kebutuhan jasa sertifikasi, Sucofindo bangun kantor di Padang

Untuk diketahui, PT Sucofindo merupakan Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa yang memiliki lima bisnis, yaitu inspeksi dan audit, pengujian dan analisis, sertifkasi, konsultasi, serta pelatihan dalam berbagai bidang.

Saat ini, jasa inspeksi dan audit merupakan lini bisnis yang kontribusi terbesar dalam total pendapatan PT Sucofindo (Persero). Adapun porsi kontribusi dalam total pendapatan dari kelima bisnis tersebut antara lain inspeksi dan audit sebesar 60%, pengujian dan analisis sebesar 20% sertifikasi sebesar 12% serta konsultasi dan pelatihan sebesar 8%.


Reporter: Muhammad Julian
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1783

Close [X]
×