Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) bakal menyesuaikan gerai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, format gerai miliknya di berbagai daerah bakal berbeda mengikuti dengan kebutuhan pelanggan.
Solihin, Corporate Affairs Director AMRT menyebut saat ini ada beberapa format mulai dari gerai Alfamart, Alfaexpress, hingga Alfamidi Super. Hal ini bergantung dengan kebutuhan setiap pelanggan di wilayah tersebut.
Baca Juga: Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) fokus jaga pertumbuhan kinerja setinggi dua digit
"Ini kan lebih kepada kebutuhan konsumen, seperti di Kampus ya kami harus siapin gerai yang relevan. Misalnya Alfamidi selain Midi Fresh juga ada Alfamidi Super," ujarnya kepada Kontan.co.id belum lama ini.
Oleh karena itu, ekspansi gerai juga mengikuti kebutuhan tersebut. Salah satunya mulai melirik ke wilayah timur Indonesia yang kebutuhan akan gerai minimarket semakin besar. Secara grup, pasar Indonesia timur menjadi yang wilayah yang pertumbuhannya cukup baik.
"Satu daerah kami bisa saja jalan sendiri atau barengan kendati DC tidak bareng. Seperti di Palu Alfamart dan Alfamidi buka bareng-bareng," lanjutnya.
Untuk melengkapi gerainya sebagai point of purchase manajemen juga melengkapi dengan payment method. Salah satunya bekerjasama dengan Gopay dan memberikan promo yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
"Kalau dengan Ovo sekarang ini perjanjian kerjasamanya sudah habis itu kan kesepakatan bersama," lanjutnya.
Baca Juga: Sampai akhir 2019, gerai Sumber Alfaria (AMRT) di Filipina bisa tembus 700 gerai
Untuk tahun depan, dirinya belum membeberkan berapa banyak gerai baru yang disiapkan. Yang jelas, ekspansi akan terus dilakukan disamping juga me-review gerai-gerai lain yang kontribusinya belum optimal.
"Hakikatnya ritel itu pelayanan sama efisiensi, yang menang disini yang bisa kasih pelayanan lebih baik dengan tingkat efisiensi lebih tinggi," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News