kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Summarecon Agung (SMRA) Maksimalkan Tambah Landbank di Lokasi Eksisting


Selasa, 24 Mei 2022 / 22:17 WIB
Summarecon Agung (SMRA) Maksimalkan Tambah Landbank di Lokasi Eksisting
ILUSTRASI. Kluster The Rosewood Golf Residence pada perumahan?Summarecon Bogor yang dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) berencana untuk menambah jumlah cadangan lahan atau landbank yang dimiliki saat ini di lokasi eksisting. Untuk memuluskan rencana tersebut perusahaan menganggarkan belanja modal atau capex Rp 600 miliar.

“Rencana penambahan lahan di tahun ini hanya untuk lokasi-lokasi yang sudah ada, sementara belum melihat lokasi yang baru,” kata Jemmy Kusnadi, Sekretaris Perusahaan PT Summarecon Agung Tbk kepada Kontan.co.id, Selasa (24/5).

Sayangnya, Jemmy belum bersedia menyebutkan berapa total lahan yang akan diakuisisi dan berapa dana yang disiapkan. Yang pasti, Jemmy bilang, akuisisi lahan akan tetap dilakukan SMRA di tahun ini untuk menambah lebih dari 2000 hektare (ha) tanah yang belum dikembangkan.

Berdasarkan laporan keuangan tahunan PT Summarecon Agung Tbk 2021, rincian tanah yang belum dikembangkan tersebut berada di Summarecon Bandung, Summarecon Makassar, Summarecon Serpong, Summarecon Bekasi, Summarecon Bogor, Summarecon Karawang dan lain lain, senilai Rp 6,16 triliun.

Baca Juga: Marketing Sales Summarecon (SMRA) Turun di Kuartal I-2022, Simak Rekomendasi Sahamnya

Dengan cadangan lahan yang ada, Summarecon Agung berencana membangun township di lahan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan menganggarkan capex sebesar Rp 600 miliar di tahun ini, salah satunya digunakan untuk akuisisi lahan. 

“Perseroan menganggarkan dana capex sekitar Rp 600 miliar untuk keperluan pembelian akuisisi lahan dan properti investasi di tahun ini,” ujar Jemmy.

Sebagai informasi tambahan, emiten properti berkode saham SMRA ini mencatatkan kinerja solid di kuartal I 2022. SMRA sukses mengantongi pendapatan sebesar Rp 1,47 triliun pada tiga bulan pertama tahun ini atau naik 37,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara, laba bersih tercatat sebesar Rp 175 miliar atau naik 367,9% secara year-on-year (yoy).

Di tahun ini perseroan berencana meluncurkan dua proyek yakni Summarecon Bogor dan Kota baru Summarecon Crown Gading. SMRA juga akan berencana membuka Summarecon Mall Bandung dan Summarecon Villagio Jakarta Luxury Outlet di kuartal IV 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×