kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,11   -8,38   -0.91%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SUNterra Kolaborasi untuk Hadirkan Ekosistem Energi Surya


Sabtu, 28 Mei 2022 / 20:39 WIB
SUNterra Kolaborasi untuk Hadirkan Ekosistem Energi Surya
ILUSTRASI. Kolaborasi Kopi Kenangan, Grab, dan SUNterra hadirkan gerai bertenaga surya pertama, gunakan energi terbarukan dalam proses produksi kopinya.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SUNterra, perusahaan yang mengembangkan proyek tenaga surya yang juga merupakan lini bisnis grup SUN, kian gencar dan fokus mewujudkan Indonesia yang ramah lingkungan. Beberapa waktu lalu, SUNterra berkolaborasi dengan Kopi Kenangan dan Grab memasang instalasi PLTS atap di salah satu outlet Kopi Kenangan.

Chief Executive Officer SUNterra Fanda Soesilo mengatakan kehadiran outlet terbaru Kopi Kenangan dengan instalasi PLTS Atap yang bertempat di Jl. RC Veteran, Jakarta menjadi outlet pertama yang mengusung konsep “hijau” melalui PLTS Atap sebagai pemanfaatan energi bersih.

"Kolaborasi ini diharapkan memberikan nilai tambah kepada ketiga pihak tersebut dalam berperan mengurangi jejak emisi karbon sebagai bagian dari target Net Zero Emission (NZE) di Indonesia pada tahun 2060 mendatang," ujar Fanda dalam Media Roundtable secara daring, Jumat (27/5).

Baca Juga: RC Veteran, Gerai Solar Panel Pertama Kopi Kenangan, Suguhkan Kopi Bertenaga Matahari

Kehadiran SUNterra sebagai pengembang energi surya pada sektor residensial dan komersial berskala kecil, telah memberikan kelebihan tersendiri pada kegiatan operasional outlet Kopi Kenangan dengan menjalankan konsep keberlanjutan atau sustainability.

Untuk terus mengakselerasi pemanfaatan energi terbarukan, khususnya energi surya, Fanda menyebut Sunterra akan terus berkolaborasi dengan banyak pihak dan kalangan masyarakat. "Untuk konsumen retail, kami sudah bekerjasama dengan Alfamart, Kopi Kenangan. Dan ke depan akan berkolaborasi dengan banyak pihak," ungkap dia.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Grup SUN juga menyediakan beragam langkah inovatif dalam mendukung upaya akselerasi energi baru terbarukan, seperti pemanfaatan teknologi dalam penyediaan jasa dan penawaran skema pembiayaan inovatif guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan. Fanda mengatakan, SUNterra juga akan menyediakan banyak fitur dan membantu pemilik rumah untuk mengerti industri energi terbarukan.

Baca Juga: SUN Energy Perkokoh Posisi Pengembang Proyek PLTS Atap Pertama di Indonesia

Sekadar informasi saja, hingga saat ini, Fanda menyebut SUNterra sudah melayani 2,23 MWp kapasitas proyek PLTS di 212 rumah dan bangunan komersil dengan panel surya dan 31 kota. "Sampai saat ini, pelanggan yang paling banyak dan antusias menggunakan PLTS Atap dari kategori rumah. Dan sudah banyak juga korporasi yang aware akan penggunaan energi terbarukan," tuturnya.

Selanjutnya, Fanda bilang SUNterra membidik kapasitas proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpasang mencapai 5 Mwp pada akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×