kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suzuki angkat bicara soal Karimun 3 baris, apa katanya?


Jumat, 26 Februari 2021 / 04:19 WIB
Suzuki angkat bicara soal Karimun 3 baris, apa katanya?
ILUSTRASI. Benarkah Suzuki Karimun 3 baris bakal segera masuk Indonesia?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di Indonesia, produk Suzuki untuk pasar Low Cost Green Car (LCGC) saat ini hanya Karimun Wagon R. Jika dibanding para pesaingnya, bisa dikatakan kalau Karimun Wagon R paling sedikit terjual. 

Untuk kelas LCGC sendiri, pada bulan Januari 2021, penjualan paling banyak dipegang oleh Daihatsu Sigra dengan 2.500 unit. 

Bisa dilihat kalau sebuah mobil dengan tiga baris kursi bisa lebih laku dibanding dua baris. Suzuki sendiri sebenarnya pernah terlihat sedang menguji coba mobil yang dimensinya mirip dengan Karimun Wagon R, namun sedikit lebih panjang. Mobil ini pun disebut sebagai Karimun Wagon R 7 penumpang.

Lalu mungkinkah mobil ini nantinya akan masuk ke pasar Indonesia? Meramaikan persaingan dengan si kembar Sigra dan Calya. 

Baca Juga: 13 Mobil diprediksi terima insentif pajak PPnBM 0 persen, ini perkiraan harga terbaru

Head of Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan, datangnya karimun dengan tiga baris kursi ini kembali lagi ke product planning Suzuki di Indonesia. 

“Artinya komposisi Karimun tiga baris yang ada di India mungkin secara spesifikasi atau target marketnya belum tentu sesuai dengan yang ada di Indonesia,” ucap Harold kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2021). 

Baca Juga: Harga mobil bekas Suzuki Karimun Estilo generasi ini kian murah, mulai Rp 50 jutaan

Namun soal kemungkinan masuk tidaknya Karimun tiga baris tadi masih belum bisa diberikan bocoran, mengingat masih menjadi pembahasan internal Suzuki. Lalu pertimbangan produk global Suzuki masuk ke Indonesia harus melihat dari positioning dan target marketnya. 

“Jadi kalau ada produk Suzuki global yang belum masuk Indonesia pertimbangannya adalah positioning dan target marketnya apa bisa disesuaikan dengan kemauan orang Indonesia atau enggak,” kata Harold.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Karimun 3 Baris Bakal Masuk Indonesia?"
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Aditya Maulana

Selanjutnya: Deretan harga mobil bekas di bawah Rp 50 juta, dapat apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×