Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) menatap optimistis tahun 2021. Emiten ritel modern ini menargetkan pendapatan bersih tahun ini tumbuh sebesar 18% menjadi Rp 3,3 triliun dan laba bersih Rp 40 miliar.
Sejumlah rencana bisnis telah disiapkan untuk mengejar target tersebut. Di antaranya dengan membuka 7 toko baru.
“Tiga Farmers Market Jakarta dan sekitarnya, Bogor, dan Depok. Empat Ranch Market di Jakarta, “ kata Meshvara Kanjaya, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk dalam paparan publik, Jumat (30/4).
Meshvara menuturkan perseroan mengalokasikan belanja modal (capex) 2021 sebesar Rp 90 miliar terutama untuk pembukaan 7 toko baru, renovasi 7 toko, dan pengembangan sistem informasi teknologi serta Distribution Center yang seluruhnya berasal dari dana internal.
Baca Juga: Catatkan kinerja positif, Supra Boga (RANC) akan bagi dividen Rp 46,9 miliar
Selanjutnya, perseroan akan melanjutkan program peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja di seluruh lini organisasi dan entitas anak usaha.
Asal tahu, RANC berhasil mencatatkan pendapatan bersih konsolidasian sebesar 107,5% dari target yang ditetapkan pada awal tahun 2020. Selain itu, di tengah badai pandemi Covid-19, RANC berhasil membuka 11 toko baru pada tahun 2020 yaitu di Jabodetabek dan 3 kota baru.
Dengan demikian RANC telah memiliki gerai di 13 kota yaitu di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Pekanbaru, Dumai dan Palembang.
Pendapatan bersih konsolidasian yang sebesar Rp 3.011 miliar ini meningkat 25,6% atau Rp 613 miliar dari pendapatan bersih sebelumnya yang sebesar Rp 2.398 miliar.
Sedangkan laba bersih RANC berhasil dibukukan sebesar Rp 76,0 miliar, meningkat 37% atau Rp 20,5 miliar dari laba bersih tahun sebelumnya yang sebesar Rp 55,5 miliar Pencapaian ini tentu ditopang oleh penambahan toko baru dan same stores sales growth.
“Kami bersyukur perusahaan mampu melewati berbagai tantangan dan menunjukkan hasil yang baik di tengah tekanan ekonomi yang masih terdampak Covid-19. Berbagai upaya strategis telah kami lakukan untuk menjaga pertumbuhan dan membawa kami pada pencapaian ini,” ujar Meshvara.
Tak hanya itu, kondisi daya beli masyarakat yang menurun akibat pandemi ini juga membuat RANC memaksimalkan teknologi digital dengan menampilkan aplikasi belanja online terbaru Get My Store yang merupakan rebranding dari aplikasi sebelumnya, KeSupermarket.com.
Baca Juga: Kinerja positif, Supra Boga Lestari (RANC) diuntungkan penerapan PSBB
Keberadaan distribution centers sebagai pusat pengelolaan pengadaan barang dagangan sekaligus sebagai central processing juga menjadi salah satu fokus strategi operasional RANC di tahun 2020, hal ini ditunjukkan dengan menempati distribution center baru yang berlokasi di kawasan Bekasi dengan luasan yang lebih besar dan fasilitas yang lebih modern dari sebelumnya.
RUPS RANC juga menghasilkan keputusan penting lainnya, yaitu RANC akan melakukan pembagian dividen tunai kepada pemegang sahamnya dengan nilai total seluruhnya Rp 46,9 miliar atau sebesar Rp 30 setiap saham.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News