kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45760,32   20,32   2.75%
  • EMAS1.009.000 0,70%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Tak perlu repot, 11 bandara ini sudah menyediakan layanan rapid test corona


Kamis, 30 Juli 2020 / 07:16 WIB
Tak perlu repot, 11 bandara ini sudah menyediakan layanan rapid test corona
ILUSTRASI. 11 Bandara yang dikelola AP 1 menyediakan layanan rapid test corona. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Calon penumpang pesawat terbang semakin mudah mendapatkan persyaratan penerbangan. Sejumlah bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I / AP I menyediakan layanan rapid test corona untuk calon penumpang.

PT Angkasa Pura I menyediakan layanan rapid test corona di 11 bandara yang dikelolanya. Seperti diketahui, hasil rapid test corona non reaktif adalah syarat wajib bagi penumpang pesawat terbang.


Baca juga: Jangan langsung olah daging kurban menjadi sate, ini alasannya

Bandara penyedia layanan rapid test corona tersebut, yakni

  1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
  2. Bandara Juanda Surabaya
  3. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan
  4. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar
  5. Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA)
  6. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
  7. Bandara Adi Soemarmo Solo
  8. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
  9. Bandara Lombok Praya
  10. Bandara El Tari Kupang
  11. Bandara Sentani Jayapura

“Dengan adanya layanan ini, diharapkan para calon penumpang pesawat udara dapat lebih percaya diri dan tetap merasa nyaman ketika ingin melakukan perjalanan udara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/7/2020).

Menurut Faik, penyelenggaraan layanan rapid test corona di 11 bandara tersebut dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan masing-masing mitra klinik atau rumah sakit setempat di bawah koordinasi dan pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Biaya rapid test corona ini sebesar Rp150.000 untuk satu kali tes dengan hasil pemeriksaan yang dapat langsung diketahui dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Layanan rapid test ini dibuka setiap hari dengan waktu layanan beragam, antara pukul 07.00-15.00 waktu setempat dan 08.00-16.00 waktu setempat.

Untuk mendapatkan layanan rapid test corona ini, para calon peserta diwajibkan untuk mencuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area pemeriksaan. Penggunaan masker dan penerapan physical distancing juga dilakukan di area ini.

Baca juga: Aturan baru, PNS kelompok ini bisa cuti

Selanjutnya calon peserta melakukan registrasi dengan membawa kartu identitas dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu para peserta rapid test dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter dan pengambilan sample darah. Setelah selesai menjalani tes, para peserta diharap tetap berada di ruang tunggu sampai hasil rapid test keluar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "11 Bandara AP I Beri Layanan Rapid Test Seharga Rp 150.000, Berikut Daftarnya", 

Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Erlangga Djumena

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×