kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taksi Express PHK 400 karyawan non-pengemudi


Rabu, 04 Oktober 2017 / 19:23 WIB
Taksi Express PHK 400 karyawan non-pengemudi


Reporter: Tantyo Prasetya | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten penyedia jasa transportasi PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) sedang melakukan efektivitas kinerja perusahaan dan efisiensi biaya dengan melakukan PHK kepada sejumlah karyawannya.

Benny Setiawan selaku CEO Express mengaku hingga saat ini sudah melakukan perampingan dengan memutus hubungan kerja sebanyak 400 karyawan.

Namun Benny menegaskan, karyawan yang dimaksud berbeda dengan para pengemudi yang dianggap Benny sebagai mitra perseroan. "Yang di-PHK itu karyawan bukan pengemudi," tegasnya saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (4/10).

Benny menambahkan, karyawan yang di-PHK umumnya berada di divisi operasional, yang fungsinya mulai berganti dengan kemajuan teknologi. Perampingan di divisi tersebut dinilai ampuh untuk menekan biaya.

"Misalnya, sebelumnya di pool ada 50 orang maka kami kurangi lah karena perannya mulai terganti teknologi, menjadi sekitar 30 orang agar ada efisiensi di sana," tambah Benny.

Walaupun Express sedang mem-PHK karyawan, untuk pengemudi pihaknya malah sedanf gencar melakukan perekrutan. Targetnya agar dapat meningkatkan produktivitas dan utilitas armada niliknya.

"Karena baru gencar rekrut pengemudi setelah Lebaran, hingga saat ini sudah ada sekitar 200 hingga 300 orang," tambahnya.

Selain perampingan karyawan, Express juga mulai berbenah seperti peningkatan improvement, perbaikan SOP, dan juga berinvestasi dalam sisi teknologi. Salah satu contohnya dengan bekerjasama dengan aplikasi Uber.

Ke depannya, Benny mengaku tidak akan melakukan PHK lebih banyak lagi. Menurutnya, kondisi perusahaan saat ini sudah ramping sehingga efektivitas kinerja perusahaan sudah terjaga. "Selanjutnya tidak akan banyak karena kondisi organisasi sudah cukup ramping," pungkasnya.

Sekadar informasi, Express dengan bekerjasama dengan Uber, menawarkan jasa penyewaan mobil berdurasi 6 jam dan 12 jam kepada mitra pengemudi yang masih sekolah maupun kuliah untuk menjadi pengemudi part time sejak awal September silam.

Hal tersebut demi dapat meningkatkan utilitas armada TAXI. Sekadar informasi, TAXI menawarkan jasa tersebut dengan tarif Rp 60.000 untuk penyewaan berdurasi 6 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×