kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah 3 apron di El Tari, AP I anggarkan Rp 78 M


Rabu, 18 April 2012 / 23:27 WIB
Tambah 3 apron di El Tari, AP I anggarkan Rp 78 M
ILUSTRASI. Ilustrasi vaksin Covid-19 AstraZeneca. REUTERS/Peter Cziborra


Reporter: Ragil Nugroho | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Tahun ini, PT Angkasa Pura (AP I) akan menambah tiga apron atau lapangan parkir pesawat terbang di Bandar Udara El Tari Kupang senilai Rp 78 miliar. Alasannya, kapasitas apron yang ada saat ini sudah sesak.

"Tahun ini, kami akan tambah tiga lapangan parkir pesawat terbang. Frekuensi penerbangan air lines seperti Lion, TransNusa dan Garuda, cukup meningkat sehingga perlu perluasan lapangan parkir," ujar Miduk Situmorang, Sekretaris Perusahaan AP I, Rabu (17/4).

Miduk bilang, penambahan apron di Bandara El Tari atas permintaan tiga operator maskapai penerbangan, yaitu Garuda, Lion dan TransNusa. Selama ini apron seluas 42.000 meter persegi hanya mampu menampung 12 pesawat terbang. Jarak standar antara satu pesawat dengan pesawat lainnya empat meter. Sementara frekuensi penerbangan melalui Bandar El Tari dari hari ke hari terus meningkat.

Selain itu, frekuensi penerbangan sehari mencapai 20 hingga 21 penerbangan. Jumlah penumpang yang keluar dan masuk melalui Bandara El Tari Kupang mencapai 3.200 orang per hari. "Rata-rata per tahun kenaikan penumpang mencapai 20%," kata Miduk.

Ia menjelaskan, selain penambahan tiga apron atau lapangan parkir pesawat, PT Angkasa Pura I cabang El Tari juga membenahi sejumlah fasilitas lainnya di bandara. Fasilitas lain yang dimaksud antara lain: fasilitas keselamatan, instrument landing system, tiga ruangan komersial di ruang loby, dan tempat parkir.

Catatan saja, AP I pada tahun ini menginvestasikan Rp 4,6 trilun untuk pengembangan beberapa bandara yang dikelola perseroan. Dana sebesar Rp 4,6 triliun tersebut terdiri dari Rp 3 triliun untuk pengembangan bandara dan Rp 1,6 triliun untuk biaya rutin perseroan.

Untuk tahun 2012, AP I menargetkan pendapatan sebesar Rp 3,1 triliun atau 22% lebih tinggi dibandingkan target perusahaan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×