kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Gedung Data Center, Indointernet (EDGE) Siapkan Capex Rp 1 Triliun


Senin, 01 Mei 2023 / 17:24 WIB
Tambah Gedung Data Center, Indointernet (EDGE) Siapkan Capex Rp 1 Triliun
ILUSTRASI. Layanan internet Indonet dari PT Indointernet Tbk.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indointernet Tbk (EDGE) atau Indonet menyiapkan belanja modal atau capex kurang lebih Rp 1 triliun di tahun ini. Rencananya penggunaan capex tersebut akan difokuskan untuk pengembangan layanan, ekspansi bisnis network, cloud, dan pengembangan gedung data center.

Chief Financial Officer (CFO) PT Indointernet Tbk Donauly Situmorang menjelaskan tahun ini, EDGE saat ini sedang dalam tahap pembangunan gedung data center kedua dan direncanakan pada akhir tahun ini. 

“EDGE2 ini akan berkapasitas 23 MW dan sudah siap beroperasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan,” ujar dia kepada Kontan.co.id, Senin (1/5). 

Sebelumnya, EDGE sudah memiliki satu gedung data center yang beroperasi di pusat kota Jakarta yaitu EDGE1 dengan kapasitas 6 MW. Penambahan gedung data center baru tersebut terlihat dari adanya prospek bisnis data center di tahun 2023. Ia melihat bisnis ini memiliki potensi pertumbuhan yang baik. 

Baca Juga: Indointernet (EDGE) Bukukan Laba Bersih Rp 57,4 miliar pada Kuartal I

Menurut data dari Structure Research, market data center di Indonesia diproyeksi memiliki 5 tahun CAGR (Compounded Annual Growth Rate) sebesar 22.7% yang merupakan tertinggi di Asia Tenggara.

Selain itu, dia bilang, perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang berada pada kisaran 4,5%-5,3% di tahun 2023 juga turut berdampak positif akan peningkatan kebutuhan data center.

“Dengan meningkatnya permintaan pelanggan dari berbagai sektor industri seperti Cloud, CDN, Finansial dan lainnya, maka kami bersiap untuk menghadirkan EDGE Data Center yang kedua di pusat kota (EDGE2) sebagai bentuk ekspansi kami di Indonesia untuk memberikan solusi bagi pelanggan,” sambungnya. 

Tak hanya berfokus di segmen data center, perseroan juga menyediakan solusi multi konektivitas tanpa batas antar beragam penyedia data center serta cloud yang aman, andal, dan terpercaya bagi masyarakat melalui HyperScale conneX (HSX), EDGE Data Center, Edge Peering Internet Exchange (EPIX), dan Crosslink. 

Dengan rencana ekspansi dan strategi itu, EDGE pun membidik kinerjanya bisa tumbuh double digit di tahun 2023. Hal itu tercermin dari raihan laporan keuangan di kuartal I-2023. 

Baca Juga: Lebaran 2023, Blue Bird (BIRD) Lihat Peluang di Luar Jadetabek dan Area Bandara

EDGE raih peningkatan kinerja dari sisi top line dan bottom line masing-masing Rp 225,4 miliar dan Rp 57,4 miliar. 

“Pencapaian ini tentunya merupakan hasil kerja keras seluruh personil kami yang terus berupaya memberikan layanan terbaik. Tentunya, tahun ini kami tetap akan menargetkan pertumbuhan dua digit secara finansial,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×