kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Pabrik Baru, Sariguna Primatirta (CLEO) Targetkan Kinerja Naik Dua Digit


Kamis, 13 Juli 2023 / 16:46 WIB
Tambah Pabrik Baru, Sariguna Primatirta (CLEO) Targetkan Kinerja Naik Dua Digit
ILUSTRASI. Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan pertumbuhan laba bersih dan pendapatan dua digit di tahun 2023.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menargetkan pertumbuhan laba bersih dan pendapatan dua digit di tahun 2023.

CLEO optimistis target itu dapat tercapai. Hal itu dilihat dari kinerja di Kuartal-II 2023 yang diperkirakan meningkat dibandingkan periode sama tahun lalu.

Direktur Utama CLEO Melisa Patricia mengatakan, industri air minum di Indonesia diproyeksikan terus bertumbuh setiap tahunnya.

CLEO melihat tahun ini bisnis air minum di Indonesia semakin membaik, seiring dengan mobilitas dan aktivitas masyarakat sudah kembali normal. Ini otomatis akan membuat permintaan air minum termasuk produk-produk CLEO meningkat.

Maka itu, CLEO pun menyiapkan sejumlah strategi bisnis untuk bisa mencapai target yang dicanangkan. CLEO terus berupaya meningkatkan ketersediaannya di berbagai kota di Indonesia.

“CLEO terus membangun dan mengembangkan jaringan distribusi dan pabrik baru di berbagai wilayah di Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Melisa kepada Kontan.co.id, Kamis (13/7).

Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO) Catatkan Laba Bersih Rp 60,6 Miliar pada Kuartal I-2023

Tahun ini, CLEO berencana menambah pabrik baru yang sekarang sedang dalam konstruksi, yaitu di Lampung dan Manado.

Penambahan dua pabrik baru tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi sekitar 5% dari total kapasitas yang sekarang yaitu sekitar 5,5 miliar liter per tahun. Sampai saat ini pabrik yang dioperasikan CLEO berjumlah 28 pabrik yang menyebar di seluruh Indonesia.

Selain agresif melakukan pembangunan pabrik baru, CLEO juga meningkatkan kapasitas produksi menambah investasi mesin otomatis. Juga telah memperluas lima pabrik eksisting yaitu di Banjarmasin, Citeureup, Bojonegoro, Makassar, dan Kendari.

Melisa bilang, CLEO juga mencadangkan belanja modal atau capex sebesar Rp 300 miliar. Hungga per kuartal I-2023 capex yang sudah diserap sebesar Rp 114 miliar.

“Capex tahun digunakan untuk penambahan jaringan pabrik baru dan pengembangan fasilitas produksi pabrik yang sudah ada,” imbuh dia.

Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO) Membangun Dua Pabrik Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×