kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.871.000   -23.000   -1,21%
  • USD/IDR 16.420   -15,00   -0,09%
  • IDX 7.095   -46,49   -0,65%
  • KOMPAS100 1.030   -10,30   -0,99%
  • LQ45 803   -9,10   -1,12%
  • ISSI 223   -2,38   -1,06%
  • IDX30 419   -4,71   -1,11%
  • IDXHIDIV20 502   -8,79   -1,72%
  • IDX80 116   -1,49   -1,27%
  • IDXV30 119   -2,82   -2,32%
  • IDXQ30 138   -1,77   -1,27%

Tarif Jalan Tol Makassar Milik Nusantara Infra (META) akan Naik pada Kuartal IV-2025


Selasa, 20 Mei 2025 / 17:33 WIB
Tarif Jalan Tol Makassar Milik Nusantara Infra (META) akan Naik pada Kuartal IV-2025
ILUSTRASI. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akan menaikkan tarif untuk ruas tol Makassar/Ujung Pandang Seksi 1-3. ANTARA FOTO/Arnas Padda/tom.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) akan menaikkan tarif untuk ruas tol Makassar/Ujung Pandang Seksi 1-3. Penyesuaian tarif ini rencananya akan dilakukan pada kuartal IV-2025.

Head of Corporate Communication Nusantara Infrastructure, Indah D.P. Pertiwi memastikan langkah ini sesuai dengan regulasi. Adapun, aturan penyesuaian tarif reguler dikaji setiap dua tahun sekali oleh pemerintah.

"Saat ini prosesnya masih dalam tahap pemenuhan SPM (Standar Pelayanan Minimal) dan dilanjutkan dengan pengajuan surat Ke Menteri PU (Pekerjaan Umum)," kata Indah kepada Kontan.co.id, Selasa (20/5).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) Targetkan Pendapatan Tol Tumbuh 16,7% di 2025

Jalan tol ruas Ujung Pandang Seksi 1, 2 dan 3 dikelola oleh entitas usaha yang berelasi dengan META, yakni PT Makassar Metro Network (MMN). Jika terealisasi sesuai jadwal, Indah mengungkapkan penyesuaian tarif ini akan berdampak pada kinerja pendapatan, dengan rata-rata tambahan per bulan sekitar 4%.

Adapun, pendapatan MMN pada tahun ini diproyeksikan bisa tumbuh sebesar 6,27%. "Disumbang dari peningkatan lalu lintas sebesar 5,45% dan dampak dari penyesuaian tarif reguler sebesar 0,82% year on year," tandas Indah.

Sebagai informasi, MMN mengoperasikan jalan tol seksi 1 dan 2 sepanjang 6,6 kilometer (km) dan jalan tol Ujung Pandang seksi 3 sepanjang 4,3 km. MMN juga memiliki entitas usaha PT Makassar Airport Network. 

Baca Juga: Strategi Nusantara Infrastructure (META) Hadapi Tahun 2025

Seperti diketahui, META menjalankan bisnis jalan tol melalui entitas asosiasi, PT Margautama Nusantara (MUN) yang membawahi sejumlah perusahaan pengelola jalan tol. Meliputi MMN, PT Bintaro Serpong Damai, PT Jakarta Lingkar Baratsatu, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek dan PT Jasamarga Transjawa Tol.   

Selanjutnya: Respons Gojek, Grab, Maxim dan inDrive Terkait Potongan Aplikasi Ojek Online

Menarik Dibaca: Dividen Multi Bintang (MLBI) Rp 352 per saham, Ada Potensi Yield 5,70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×