kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,92   8,32   0.93%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif Listrik Triwulan III Tidak Berubah, Ini yang Dilakukan PLN


Selasa, 02 Juli 2024 / 11:55 WIB
Tarif Listrik Triwulan III Tidak Berubah, Ini yang Dilakukan PLN
ILUSTRASI. Pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik triwulan III (Juli-September) tahun 2024 tetap atau tidak mengalami perubahan.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tarif tenaga listrik triwulan III (Juli-September) tahun 2024 tetap atau tidak mengalami perubahan. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan, kebijakan ini merupakan bagian dari upaya emerintah menjaga daya saing industri serta menjaga tingkat inflasi.

Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo. Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023, penyesuaian tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi dapat dilakukan setiap 3 bulan mengacu pada perubahan terhadap realisasi parameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta Harga Batu Bara Acuan (HBA).

Jisman menambahkan, tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak naik dan tetap mendapatkan subsidi listrik.

Baca Juga: Resmi, Inilah Tarif Listrik yang Berlaku per 1 Juli 2024

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memastikan PLN terus melakukan langkah efisiensi serta menyajikan listrik andal dan berkualitas bagi seluruh pelanggan di tanah air.

“Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan roda ekonomi. Kami terus memastikan pelanggan dapat terus memperoleh listrik yang andal dan berkualitas,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi, Selasa (2/7).

Selain itu, kata Darmawan, dalam upaya turut menjaga pasokan listrik yang andal guna menggerakkan perekonomian nasional, PLN juga selalu aktif meningkatkan penjualan dan memberikan promo layanan ketenagalistrikan serta beragam insentif menarik bagi pelanggan.

"PLN berkomitmen mendukung penyediaan energi listrik yang andal dan terjangkau untuk menjaga tingkat inflasi dan daya saing industri. Di sisi lain PLN juga akan terus meningkatkan upaya efisiensi dan mengerek penjualan listrik," imbuh Darmawan. 

Selanjutnya: Harga Emas Diproyeksi Naik, Ini Sejumlah Sentimen Pendukungnya

Menarik Dibaca: Katalog Promo Hypermart Hyper Diskon Weekday Terbaru Periode 2-4 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×