Sumber: Kompas.com | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen mobil listrik premium asal Guangzhou China, Xpeng, resmi masuk pasar Tanah Air lewat Erajaya Active Lifestyle (ERAL) pada Jumat (28/2/2025).
Memanfaatkan jaringan yang sudah dibangun Erajaya Group sejak 1992 pada sektor gaya hidup, Xpeng langsung memperkenalkan dua produk sekaligus, G6 dan X9, yang akan menjangkau konsumen keluarga dengan kapasitas 7-penumpang.
"Namun untuk pemesanan (booking) sekarang belum kami buka. Mungkin mulai Mei-Juni 2025 nanti," kata CEO of Era Inovasi Otomotif, Iki Wibowo saat ditemui di sela-sela seremoni peluncurannya di Jakarta, Jumat (28/2/2025).
Baca Juga: BYD Sealion 7 Rp 600 Jutaan, Harga BYD Atto Dolphin M6 Februari 2025 Naik Rp 6 Juta
Meski demikian, perseroan bertekad untuk merakit kedua produk tersebut secara completely knocked down (CKD) di dalam negeri melalui fasilitas milik PT Handal Motor Indonesia yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat pada semester II/2025. Namun, dirinya belum bisa memberikan informasi lebih jauh mengenai hal itu, termasuk proyeksi harga jual X6 dan X9.
"Kita jujur belum sampai ke sana tuh. Karena sekarang kita lagi pengajuan ke pemerintah, sudah masuk pemerintah pengajuannya, mungkin setelah ini beres, sekarang kita lagi pembicaraan sih," kata dia.
"Pada tahap awal, kita akan fokus di Jabodetabek. Sekarang kita masih diskusi (untuk rencana jangka panjang)," tambah Iki.
Baca Juga: MPV Listrik Premium, Buzz LWB Resmi Hadir di Indonesia, Harganya Rp 1,49 Miliar
Xpeng merupakan merek mobil listrik pintar asal China yang didirikan pada 2014. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Guangzhou, dengan misi untuk menghadirkan kendaraan listrik mewah serta canggih.
Vice Chairman & President Xpeng Hongdi Brian Gu menyampaikan, meskipun usianya masih cukup muda di industri otomotif global, merek ini sudah melakukan penjualan ke berbagai negara seperti Amerika Selatan, Eropa, Asia Tenggara, sampai Oceania.
"Harus kami akui, butuh waktu yang cukup lama yaitu satu tahun untuk memastikan strategi serta menentukan mitra untuk masuk Indonesia hingga pada akhirnya kita pilih Erajaya Group. Sebab saya lihat, kita memiliki visi yang sama yaitu terhadap teknologi, innovasi, dan fokus ke konsumen," kata dia.
Selanjutnya: Ramadan, KAI Logistik Hadirkan Logistik Efisien melalui Diskon Pengiriman Hingga 40%
Menarik Dibaca: IDEC 2025 Dorong Inovasi di Industri Kesehatan Gigi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News