Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membidik segmen small-medium enterprise (SME-UKM) di Pasar Santa. Pasar Santa yang sedang hits di kalangan kaum urban Jakarta menjadi sasaran penjualan produk SHOP-BOX.
Ditargetkan ada 100 produk SHOP-BOX yang dipakai oleh UKM di Food Garden dan Pasar Santa, Jakarta. Telkom alokasikan investasi sebesar Rp 4 miliar untuk pengembangan layanan SHOP-BOX.
SHOP-BOX adalah produk dan layanan yang dimaksudkan untuk lebih memudahkan pelaku bisnis UKM menikmati konektivitas dan aplikasi BOSTOKO sekaligus Registrasi smartbisnis dan layanan lainnya secara terintegrasi. Seluruh layanan tersebut tersedia dalam satu boks/kotak, dimana dengan sekali bayar maka pelaku UKM langsung mendapatkan semuanya.
Untuk saat ini, SHOP-BOX tersedia secara terbatas. Pada tahap pertama, Telkom hanya melayani sentra UKM, seperti Kemang Food Garden dan Pasar Santa.
"Untuk sementara area layanan produk SHOP-BOX ini terbatas, kami ingin mempelajari dan mengevaluasi bagaimana perilaku atau penerimaan pasar terhadap produk ini. Kalau memang disambut dengan cepat, maka kami akan segera mengupayakan untuk memperluas area cakupan layanan pada sentra-sentra lainnya," kata Awaluddin dalam siaran resminya, Minggu (7/12).
Awaluddin menambahkan, pada tahap pertama di bulan Desember 2014, ditargetkan 100 paket produk untuk dua sentra UKM (Kemang Food Garden dan Pasar Santa), selanjutnya dicanangkan 20.000 paket produk selama tahun 2015. Selain kemudahan, Telkom juga menawarkan harga yang terjangkau bagi pelaku UKM. Sebagai contoh, paket akses internet 1 MBps plus aplikasi dan layanan lainnya cukup Rp. 200.000/bulan.
Pada kesempatan yang sama, Telkom juga melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan 20 counter kuliner dari 30 counter Café Kemang Food Garden milik aktor/aktris terkenal Baim Wong dan Cut Memey ini. Ini membuktikan produk SHOP-BOX sangat dinanti oleh pelaku UKM.
Sejatinya, Telkom senantiasa kembangkan inovasi produk untuk solusi layanan UKM agar semakin kreatif, mandiri dan hebat. Berbagai program diluncurkan oleh Telkom, sejak pencanangan Program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur) pada tahun 2013, diantaranya peluncuran paket SME Indonesia Bisa di 100 sentra industri, portal registrasi UKM di www.smartbisnis.co.id, aplikasi khusus Point of Sales (e-POS) yang diberi nama BOSTOKO hingga aplikasi CRM khusus untuk UKM berbasis android yakni ZAPA.
"Ini wujud komitmen Telkom untuk selalu mengembangkan UKM Indonesia menjadi UKM Hebat. Berbagai produk dan layanan senantiasa kami kembangkan untuk kemudahan UKM. Disamping itu kami juga menyediakan berbagai akses/channel bagi UKM untuk berinteraksi langsung dengan Telkom, baik melalui visiting/diskusi langsung, telepon 500250 atau digital/social media," imbuh Awaluddin.
Dia bilang, khusus SHOP-BOX ini, Telkom memberikan produk dan layanan yang sangat praktis. Pelaku UKM tinggal order satu kotak SHOP-BOX yang sudah berisi modem speedy, aplikasi BOSTOKO, aplikasi smartbisnis, panduan penggunaan yang sangat sederhana sehingga pelaku UKM bisa mengaktifkan sendiri baik Speedy secara plug-and-play maupun aplikasinya. "Semuanya kita buat simple dan mudah," tegas Awaluddin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News