kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel sebut sekitar 60% grossing games di Indonesia diterbitkan publisher China


Jumat, 13 September 2019 / 18:41 WIB
Telkomsel sebut sekitar 60% grossing games di Indonesia diterbitkan publisher China
ILUSTRASI. Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem Esports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TANGERANG. Pasar game di Indonesia terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya game yang diterbitkan di Indonesia. Sayangnya, sebagian besar games yang terbit di Indonesia masih diluncurkan oleh publisher asal China dan Eropa. 

Presiden Direktur Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan 60% games dengan revenue terbesar (grossing games) diluncurkan publisher asal China. Sementara itu, publisher terbesar kedua selanjutnya diikuti oleh publisher asal Eropa dengan persentase sebesar 18%. 

GaBaca Juga: Rudiantara sebut industri e-sports Indonesia masih harus terus digenjot

Hal ini cukup disayangkan, sebab Emma menilai bahwa Indonesia memiliki potensi pasar game yang cukup besar bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Berdasarkan keterangan Emma, pasar games di Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat hingga sebesar US$ 2,77 miliar di tahun 2022.

“Ini adalah peluang yang sangat besar bagi semua pelaku yang terlibat di dalam ekosistem game di Indonesia,” ujar Emma dalam acara IDBYTE ESPORTS 2019 pada Jum’at (13/09).

Meski bukan merupakan lini usaha utama, Telkomsel sendiri saat ini telah memiliki lini usaha di bidang bisnis digital dengan menyediakan berbagai layanan-layanan digital lifestyle, termasuk di antaranya di bidang games.

Baca Juga: Salim Group ekspansi bisnis games lagi, kini bawa World of Warcraft® dari Blizzard

Untuk bisnis di bidang games, Telkomsel memilki beberapa sub lini usaha yang meliputi bidang usaha pengembangan games, publishing, Appstore, pembayaran, distribusi voucher games, serta media & marketing.

Di antar lini-lini usaha tersebut, lini usaha publishing menjadi lini usaha dengan kontribusi pendapatan terbesar di bidang bisnis games bagi Telkomsel dengan kontribusi sebesar 30%-40%.

Sementara itu, kontribusi terbesar kedua diikuti oleh lini usaha distribusi voucher dengan persentase kontribusi 25%-35%. Adapun rincian kontribusi usaha-usaha games lainnya meliputi appstore (15%-30%), pengembangan games (10%-30%), payment (7,5%-15%), dan marketing media (5%).

Menurut Emma, angka gamers Telkomsel terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 14,5% pertahunnya.

Baca Juga: Samsung meluncurkan Galaxy A50s

Sementara itu secara nasional, saat ini tercatat ada sekitar 43,7 gamers di Indonesia. Berdasarkan pola pertumbuhan tahunan sebelumnya, angka ini diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan sebesar 38,2% per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×