kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel targetkan segmen gim berkontribusi 50% ke pendapatan digital


Senin, 01 Oktober 2018 / 18:50 WIB
Telkomsel targetkan segmen gim berkontribusi 50% ke pendapatan digital
gim telkomsel


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menargetkan segmen gim berkontribusi 50% untuk pendapatan digital perusahaan. 

Auliya I. Fadli, General Manager Games and Apps PT Telekomuniasi Selular menyatakan, sampai akhir tahun nanti market share dari segmen ini diharapkan tumbuh menjadi 30%. "Sedangkan untuk pendapatan ke layanan digital diharapkan dapat berkontribusi 50%," paparnya di Jakarta, Senin (1/10)

Telkomsel menilai, potensi dari industri gim di Indonesia terbilang besar, dengan total 44 juta pemain gim. Tahun lalu, nilai pasar gim di Indonesia mencapai US$ 880 juta.

Selain itu, kontribusi basis pelanggan Telkomsel yang menyumbang pendapatan tertinggi dari layanan digital lainnya berasal dari segmen pemain gim yang mencapai 34%.

Singue Kilatmaka, Manager Media Relations Telkomsel menambahkan, saat ini segmen gim berkontribusi 34% dari total pendapatan layanan digital dengan market share 22%. Adapun layanan digital berkontribusi 46% dari total pendapatan perusahaan pada semester I lalu yang mencapai Rp 64,36 triliun.

Auliya menjelaskan, pengguna gim Telkomsel mencapai 60 juta. Secara payload, 1 pemain menghabiskan 50 megabyte - 100 megabyte per bulan tergantung gim yang dimainkan.

Ia menargetkan dapat mencapai 3 juta download sampai akhir tahun nanti dengan pemain akhir per harinya mencapai 500.000 pemain. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan berupaya dengan melakukan heavy campaign.

"Kami sudah lakukan kampanye sejak bulan September kemarin, hanya saja kami menunggu peluncuran ini. Kami telah siapkan amunisi untuk capai 3 juta pengunduh," ujarnya. Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan beberapa komunitas dengan menggelar turnamen eSport untuk menarik banyak pemain.

Gencarnya promosi ke dalam negeri lantaran pada tahun depan perusahaan akan mengembangkan 7 gim baru di berbagai genre dan bekerjasama dengan developer lokal. Adapun genre yang akan dikembangkan beragam mulai dari genre kasual seperti gim kartu, puzzle, sampai genre berat seperti ShellFire.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×