kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Temas (TMAS) Realisasikan Penambahan 1 Unit Kapal Baru


Selasa, 18 Juni 2024 / 13:57 WIB
Temas (TMAS) Realisasikan Penambahan 1 Unit Kapal Baru
ILUSTRASI. Pelayaran Tempuran Emas Tbk.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Emiten penyedia layanan transportasi laut, PT Temas Tbk (TMAS) telah merealisasikan penambahan satu unit kapal hingga pertengahan Juni 2024. Ini merupakan bagian dari rencananya perusahaan untuk menambah lima armada baru di tahun 2024.

Sekretaris Perusahaan Temas, Marthalia Vigita menuturkan, hingga saat ini satu unit kapal yang sudah terealisasi berjenis kapal kontainer. Namun sayang, ia tak memerinci berapa tepatnya nilai investasi dari kapal tersebut. 

“Yang sudah terealisasi satu unit kapal dan lainnya masih proses delivery,” ungkap Marthalia, kepada Kontan.co.id, Selasa (18/6). 

Untuk memaksimalkan agenda ekspansinya tersebut, TMAS menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 1,3 triliun. Dana capex ini sesuai dengan yang disetujui dlm RUPSLB bulan Maret lalu.

Baca Juga: Temas (TMAS) Bidik Pendapatan Rp 5 Triliun

Marthalia menyebut, capex tersebut diperuntukkan untuk modal penambahan kapal dan juga sarana penunjang lainnya, seperti alat berat dan kontainer. 

“Dan capex baru terealisasi kurang lebih  20%,” imbuhnya. 

Manajemen TMAS juga cukup berambisi dengan prospek bisnisnya di tahun ini. Pihaknya menargetkan angka pendapatan di tahun 2024 bisa mencapai Rp 5 triliun atau meningkat sekitar 8%-10% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Ia juga menilai, realisasi pendapatan hingga kuartal pertama lalu sudah mencapai 20% dari target 2024 dan masih sesuai dengan ekspektasi perusahaan.  Faktor pendorongnya adalah karena harga freight yang mulai membaik dan kondisi setelah pemilu yang berlangsung dengan aman.

Baca Juga: Tahun Ini, Temas (TMAS) Rencanakan Tambah 5 Armada Kapal

Di samping ekspansi armada, TMAS juga berupaya memaksimalkan bisnisnya tahun ini dengan menerapkan on-time schedule di semua pelabuhan sehingga barang customer sampai tepat waktu sesuai jadwal. Kemudian untuk meningkatkan kepuasan konsumen juga dilakukan dengan menyempurnakan aplikasi Klik Temas. Konsumen dapat memesan schedule kapal dan melacak keberadaan container-nya dengan mudah. 

Hingga kuartal I-2024, pendapatan jasa TMAS tercatat senilai Rp 1,07 triliun. Angka ini turun tipis 3,77% year on year (yoy) dibandingkan Rp 1,11 triliun pada posisi yang sama tahun lalu.

Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga menurun ke angka Rp 147 miliar dari sebelumnya Rp 259,41 miliar pada kuartal pertama tahun sebelumnya. 

Selanjutnya: Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono: Ibadah Kurban Jadi Momen Saling Menguatkan Sesama

Menarik Dibaca: Resep Praktis Ayam Saus Lemon, Menu Chinese Food Halal yang Mudah Ditiru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×