kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terobosan Perusahaan Ajak Karyawan Peduli Sosial


Senin, 20 September 2021 / 21:23 WIB
Terobosan Perusahaan Ajak Karyawan Peduli Sosial
ILUSTRASI. Kontan - MIND ID Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Sebagai bentuk fasilitas kepada karyawan untuk melakukan kegiatan sosial, kini banyak Perusahaan menjalankan program karyawan relawan atau dikenal dengan Employee Volunteering.

Employee Volunteering merupakan suatu wadah agar karyawan suatu perusahaan dapat turut terlibat di kegiatan sosial dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Di BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), program ini disebut Senyawa.

Baru-baru ini Grup MIND ID yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk melaksanakan dua program employee volunteering yakni Penjualan t-shirt yang hasilnya didonasikan kepada penerima manfaat dan Pengumpulan buku yang didistribusikan kepada anak-anak disekitar wilayah operasi.

“Program employee volunteering merupakan salah satu implementasi gerakan budaya (Culture movement) di Grup MIND ID yang merepresentasikan Noble Purpose dalam keseharian pegawai Grup MIND ID” ujar CEO Grup MIND ID, Orias Petrus Moedak

Program Senyawa - Penjualan Kaos Kemerdekaan, memiliki aspek yang unik karena setiap karyawan Grup MIND ID yang secara sukarela membeli t-shirt yang disediakan, MIND ID akan menggandakan jumlah pembelian tersebut.

Sebanyak 1087 t-shirt telah dibeli oleh Insan Grup MIND ID. Dari jumlah tersebut MIND ID menggandakan nilai pembelian karyawan sehingga total dana menjadi Rp746 juta. Nilai tersebut kemudian dikonversi menjadi 1493 paket donasi. Bantuan disalurkan kepada Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang berada disekitar wilayah operasional Grup MIND ID.

Sedangkan program kedua yakni pengumpulan buku bernama 1 Buku 1 Kebaikan. Insan Grup MIND ID mendonasikan buku-buku jenis cerita bergambar, kamus bergambar, keterampilan, dasar calistung, biografi, ensiklopedia, wirausaha, fiksi/novel, dan motivasi. Tidak hanya sekedar donasi, pegawai juga memberikan pesan-pesan kebaikan dan motivasi di setiap satu buku yang didonasikan, sehingga diharapkan lebih menginspirasi ratusan anak di sekitar Taman Baca di sekitar wilayah operasional. Sebanyak total 4.160 buku berhasil dikumpulkan dan didistribusikan ke 22 Taman Baca

“Buku-buku yang didonasikan diharapkan dapat meningkatkan inspirasi dan pengetahuan kepada anak-anak dimasa depan”. Kata Orias.

Menurut Orias, transformasi budaya yang juga dilakukan MIND ID merupakan salah satu bentuk upaya saling gotong royong untuk menghadapi pandemi. “Langkah yang dilakukan Insan Grup MIND ID merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian untuk keadaan bangsa saat ini" ujar Orias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×