kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terregra Asia Energy (TGRA) perkirakan Covid-19 akan berdampak ke seluruh lini bisnis


Selasa, 07 Juli 2020 / 16:17 WIB
Terregra Asia Energy (TGRA) perkirakan Covid-19 akan berdampak ke seluruh lini bisnis
ILUSTRASI. PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) mengakui kondisi bisnisnya sepanjang tahun ini cukup menantang akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda secara global.

Asal tahu saja, TGRA mengalami penurunan pendapatan sebesar 48,22% (yoy) menjadi Rp 3,06 miliar di kuartal I-2020. Di sisi lain, TGRA sanggup meraih laba bersih sebesar Rp 2,88 miliar, padahal di kuartal yang sama pada tahun sebelumnya emiten yang bergerak di sektor energi terbarukan ini menderita rugi bersih Rp 203,70 juta.

Baca Juga: Terregra Asia Energy (TGRA) raup laba bersih Rp 2,88 miliar di kuartal I 2020

Sekretaris Perusahaan Terregra Asia Energy Christin Soewito menyampaikan, capaian laba bersih TGRA berasal dari kontribusi salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 5 megawatt (MW) milik perusahaan di Australia yang sudah beroperasi pada tahun lalu. TGRA pun mampu mencetak penjualan listrik sebesar Rp 3 miliar di tiga bulan pertama tahun ini.

Di saat yang sama, TGRA berhasil menurunkan beban pokok penjualannya 47,72% (yoy) menjadi Rp 1,84 miliar di kuartal I-2020. Lantas, adanya penjualan listrik mampu meminimalisir dampak berkurangnya pendapatan usaha dari bisnis pemeliharaan (maintenance) dan suplai suku cadang TGRA ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akibat pandemi Corona.

Hanya saja, Christin berujar, dampak wabah Corona terlihat makin terasa di sisa semester satu dan memasuki semester kedua tahun ini. Pendapatan yang diperoleh dari PLTS Australia pun ujung-ujungnya akan berkurang karena konsumsi listrik yang turun selama masa pandemi. 

Begitu pula dengan pendapatan dari bisnis pemeliharaan dan suplai suku cadang ke PLN. “Bisnis kami bergantung pada PLN, maka untuk kuartal berikutnya belum ada perubahan,” imbuh dia, Selasa (7/7).

Baca Juga: Menderita rugi bersih di tahun 2019, ini tanggapan Terregra Asia Energy (TGRA)

Akibat wabah Corona, manajemen TGRA memastikan akan merevisi dana belanja modal atau capital expenditure (capex) di tahun ini lantaran hampir semua rencana bisnisnya mengalami perubahan dan penundaan.




TERBARU

[X]
×