Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambisi Tiktok untuk menguasai ekonomi digital di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, semakin kuat. Perusahaan penyedia flatform video pendek milik Bytedance ini tidak hanya memperkuat bisnis e-commerce tapi juga di bisnis digital lainnya.
Setelah memperkuat bisnis e-commerce dengan mengakuisisi Tokopedia senilai US$ 1,15 miliar, Tiktok dikabarkan berencana merambah ke bisnis agen travel online (OTA) di Indonesia.
Melansir South China Morning Post (SCMP), Senin (15/7) Tiktok akan masuk mencaplok platform OTA lokal untuk bisa menjajal bisnis rekreasi. “Tiktok berencana terjun ke bisnis kategori rekreasi, yang memungkinkan pengguna (platformnya) memperoleh kupon untuk penerbangan dan hotel yang disediakan penyedia layanan pihak ketiga,” ungkap sumber SCMP di Indonesia.
Seperti diketahui, di Indonesia saat ini terdapat dua platform OTA besar bikinan anak bangsa, yakni Traveloka dan Tiket.com.
Tiket.com merupakan milik Djarum Group. Sementara Traveloka memiliki sejumlah investor besar, diantaranya East Ventures, GIC, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia, dan INA. Perusahaan ini sempat berencana IPO di Amerika pada tahun 2021 lalu namun batal.
Baca Juga: Makin Ramai! Marketplace Asal Amerika Serikat Masuki Pasar Indonesia
Selain menjajal bisnis rekreasi, Tiktok juga memiliki platform lokal di Indonesia dan Thailand yang memungkinkan pengguna Tiktok bisa mendapatkan voucher restoran di tautan feed mereka.Pemilik restoran dan pedagang akan didorong untuk bergabung dengan flatform tersebut.
TikTok kini tengah membuka lowongan pekerjaan di situs karir resmi perusahaan untuk layanan lofalnya di Singapura, Jakarta dan Bangkok. Posisi yang dicari mencakup pengembangan bisnis, manajer produk, analis data, spesialis tata kelola pedagang dan listing, serta manajer strategi.
Manajemen Tiktok menyebutkan operasi layanan lokal di Thailand dan Indonesia masih dalam tahap pengujian. Sehingga baru sedikit pengguna Tiktok di dua negara ini yang bisa melihat penawaran layanan baru tersebut di feed mereka.
Baca Juga: Meski Tokopedia sudah di TikTok, William Tanuwijaya Tetap Tambah Saham GOTO
Di Asia Tenggara, Tiktok juga berencana bekerja sama dengan operator mapan untuk layanan lokal on-demand seperti pesan-antar makanan.
Indonesia merupakan pasar paling awal untuk menunaikan ambisi Bytedance di Asia Tenggara. Namun, persaingan juga ketat menghadapi Shopee milik Sea Group dan Lazada milik Alibaba Group.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News