kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Kesadaran Berkendara Aman, Jasa Marga Gelar Puncak Road Safety Rangers


Senin, 11 Desember 2023 / 22:17 WIB
Tingkatkan Kesadaran Berkendara Aman, Jasa Marga Gelar Puncak Road Safety Rangers
ILUSTRASI. PT Jasa Marga Tbk menggelar acara puncak dengan tema ? Safety Driving with Electric Vehicles for Sustainable Transport? bertempat di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Minggu (10/12).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melanjutkan rangkaian program Road Safety Rangers (RSR) 2023 dengan sukses setelah pre-event RSR Training pada 24-25 Oktober 2023, yang mencakup pelatihan Safety Driving dan Eco Driving.

Acara puncak dilaksanakan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Minggu (10/12), dengan tema "Safety Driving with Electric Vehicles for Sustainable Transport".

Acara puncak dihadiri lebih dari 300 peserta, termasuk Komunitas Mobil Listrik, Pengemudi Taksi Listrik, unsur Kementerian, dan Pelajar SMA/SMK Negeri Wilayah Jakarta Timur. Kegiatan dimulai dengan Fun Rally Driving Experience dari JMTC hingga Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah, dilanjutkan dengan talkshow dan hiburan.

Acara dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi, perwakilan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri, serta jajaran Direksi Jasa Marga.

Baca Juga: Asing Banyak Menadah Saham-Saham Ini Saat IHSG Terkoreksi, Rabu (6/12)

Dalam sambutannya, Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti menegaskan bahwa program RSR 2023 tetap fokus pada keamanan dan keselamatan berkendara, dengan komitmen mendukung upaya Pemerintah mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060. 

"Jasa Marga juga aktif dalam menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 15 lokasi rest area jalan tol Jasa Marga Group sebagai bagian dari dukungan terhadap penggunaan mobil listrik," ujarnya dalam siaran pers, seperti dikutip Senin (11/12).

Dalam sesi talkshow, berbagai narasumber seperti Professional Safety Engineer Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan M.T dan Executive Director and Chief Instructor Indonesian Defensive Driving Center (IDDC) Ir. Bintarto Agung membahas pentingnya keselamatan berkendara, terutama dengan berkendara kendaraan listrik.

Dalam konteks ini, Hendrika Nora Osloi Sinaga dari Kementerian BUMN menyoroti pentingnya safety campaign sebagai wadah edukatif dan informatif untuk masyarakat. Program RSR, menurutnya, bukan hanya tentang keselamatan berkendara, tetapi juga mendukung agenda keberlanjutan transportasi yang menjadi fokus Pemerintah.

Baca Juga: Jasa Marga Paparkan Peningkatan Kinerja Positif Perseroan Hingga KuartalIII Tahun2023

Para narasumber talkshow memberikan insight mengenai risiko berkendara kendaraan listrik, perlunya pemahaman terhadap sistem kendaraan listrik, dan upaya masyarakat dalam menciptakan budaya keselamatan berkendara yang lebih baik.

Acara RSR 2023 tidak hanya memuat aspek edukatif, namun juga menghadirkan hiburan seperti Stand up Comedy dan performance musik sebagai bagian dari rangkaian kegiatan.

Road Safety Rangers, yang telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2017, terus mengalami perkembangan dengan kegiatan Tertib Berlalu Lintas. Melalui RSR 2023, Jasa Marga juga mendukung Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berkendara serta mendukung misi praktik pembangunan yang berkelanjutan.

Sebagai bagian dari praktik Environment, Social and Governance (ESG) menuju Sustainable Development Goals (SDGs), Jasa Marga berkomitmen untuk menjadi perusahaan jalan tol yang andal, aman, nyaman, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Jasa Marga Lakukan Pekerjaan Pemasangan Gelagar Rambu Di Ruas Tol Jakarta - Cikampek

Upaya ini juga terintegrasi dengan implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sesuai dengan strategi bisnis Perseroan berbasis sustainable corporation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×